Menkeu: Setiap Orang di Indonesia Punya Utang Rp12,96 juta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Indonesia diakui masih memiliki defisit dalam neraca keuangan yang dialami selama bertahun-tahun. Penerimaan negara yang sebesar Rp1.750 triliun jauh lebih kecil ketimbang belanja pemerintah yang sebesar Rp2.020 triliun.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Dalam kuliah umumnya di Politeknik Keuangan Negara STAN, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, dengan rasio utang Indonesia yang saat ini sebesar 27 persen dari Gross Domestic Product (GDP) yang sekitar Rp13 ribu triliun, maka setiap manusia di Indonesia saat ini memiliki utang US$997 per kepala  atau senilai Rp12,96 juta (asumsi Rp13.000 per dolar AS).

"Kalau kita lihat, Rasio utang kita memang cukup tinggi, tapi tidak tinggi amat dibandingkan dengan negara lain, kalau dihitung itu dari hampir 260 juta penduduk, kira-kira utang kita US$997 per kepala," kata Ani sapaan akrab Sri Mulyani, di Politeknik Keuangan Negara STAN, Tangerang Selatan, Senin 17 April 2017.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Angka sebesar itu jika dibandingkan dengan negara lain, katanya, masih wajar. Artinya, tidak sebesar Amerika Serikat yang sekitar US$62 ribu per kepala dan Jepang yang sebesar US$82 ribu per kepala.

"Kalau anda jadi orang Amerika Serikat, di sana setiap kepala menanggung utang US$62 ribu. Sedangkan Jepang US$85 ribu per kepala," kata Ani.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, utang sebesar US$997 per kepala tersebut tidak terlalu memberatkan penduduk Indonesia yang sebagian besar golongan produktif. Pemerintah saat ini,  juga selalu berusaha menekan utang yang terlalu besar melalui peningkatan penerimaan pajak.

"Di Jepang itu US$85 ribu per kepala, dan jangan lupa kalau Jepang itu populasinya yang berumur tinggi, orangnya yang sepuh, udah tua, jadi buat mereka masih punya utang US$85 ribu per kepala tapi hidupnya tinggal beberapa tahap ke depan," tutur Ani.

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022