Layani Tiga Rute Mudik, Pemerintah Siapkan Kapal Roro

Ilustrasi/Kapal Ro-Ro Baru Milik ASDP di Pelabuhan Merak Banten
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah akan menyediakan kapal tipe roll on roll off, atau kapal Roro, untuk melayani masyarakat pada momentum musim Lebaran pada tahun ini.

Harga Tiket Pesawat Pasti Melonjak Saat Mudik, Ini Solusinya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan berharap, upaya pemerintah ini akan mampu mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dan kemacetan di jalur-jalur mudik.

"Yang baru ini (dibahas) kapal Roro Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung. Itu bisa masuk 300-400 kendaraan sekaligus dan akan kurangi traffic di jalan. Kan, buat mereka enak, enggak ada pungli, enggak ada kecelakaan," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Ingat, H-7 Lebaran Angkutan Barang Dilarang Lintasi Jabar

Ketika ditanya, apakah nantinya para pemudik itu akan diwajibkan untuk menggunakan jasa angkutan dengan kapal Roro tersebut, Luhut pun menjelaskan, tugas pemerintah adalah berupaya menyediakan layanan bagi masyarakat, sementara pilihan transportasinya diserahkan kembali kepada mereka.

"Ya ndak, kalau dia mau aja. Kalau (pakai kapal) Roro harusnya lebih bagus, kapalnya lebih besar. Ada empat (kapal) yang Jakarta-Surabaya, 17 jam, lebih cepat dibanding mobil. Tetapi, relatif juga kan ya," ujarnya.

Alternatif Transportasi Mudik Rp500 Ribuan

Luhut menjelaskan, nantinya kapal Roro itu tidak hanya akan melayani angkutan bus dan truk saja, tetapi juga mobil dan motor pribadi yang dibawa oleh para pemudik.

Bahkan, para pemudik itu juga bisa menaikkan kendaraan mereka ke kapal Roro, sementara mereka bisa ikut menaiki kapal Roro itu, atau menggunakan pesawat terbang untuk kemudian menjemput kendaraan mereka di tempat tujuan mudik.

"Enggak cuma truk aja, yang (kendaraan) pribadi juga. Kalau dia mau langsung bawa mobil ke sana (masuk kapal Roro-nya), lalu dia mau pakai pesawat terbang, atau ikut kapal Roro-nya, mana-mana aja bisa," kata Luhut.

"Sekarang, kita galakkan (promosi kapal Roro) ini, ke Lampung juga, supaya jangan terlalu padat lewat Roro yang dari Merak," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya