Titik-titik Rawan Macet Saat Mudik Lebaran 2017

Antrean kendaraan di dekat gerbang tol Brebes Timur saat puncak musim mudik Lebaran 2016.
Sumber :
  • @PTJASAMARGA

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kepolisian Republik Indonesia guna mempersiapkan kesiapan lalu lintas jelang Lebaran. Pada tahun ini, diperkirakan terjadi lonjakan yang cukup signifikan.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan titik-titik yang akan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dalam persiapan angkutan Lebaran tahun ini. Di antaranya, adalah ruas tol Cipali-Palimanan, Bandara Soekarno-Hatta, Stasiun Kereta Api Senen dan Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat.

“Soekarno-Hatta akan terjadi lonjakan lebih dari sembilan persen. Kalau di luar Jawa, biasanya di Batam dan Balikpapan yang memang crowded,” kata Budi, di Jakarta, Rabu 3 Mei 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Pada pekan ini, mantan direktur utama PT Angkasa Pura II itu telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mengecek langsung kesiapan angkutan selama Lebaran 2017. Upaya itu agar koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait bisa berjalan maksimal dalam menghadapi musim mudik Lebaran tahun ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub J.A. Barata saat berbincang dengan VIVA.co.id mengatakan, titik rawan lainnya yang akan diwaspadai adalah pintu keluar Brebes. Antisipasi dilakukan, agar menghindari tragedi Brebes Exit yang terjadi pada musim mudik tahun lalu.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

“Brexit akan mendapatkan perhatian lebih, karena kemarin kejadiannya banyak di situ. Nanti polanya akan sistem buka tutup. Selain Brexit, memang ada daerah lain yang berpotensi rawan seperti Nagreg dan Simpang Gentong,” katanya. (art)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021