Bandara Kertajati Dibuka Februari 2018, Layani 14 Rute

Maket Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • wikipedia

VIVA.co.id – PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) menargetkan pengoperasian tahap awal Bandara Kertajati, Jawa Barat, pada Februari 2018. Penerbangan perdana akan dibuka untuk sepuluh rute domestik dan empat rute Internasional. 

Mulai 29 Oktober 2023, AirAsia Layani Rute Penerbangan Kertajati-Denpasar

Direktur Utama PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Virda Dimas Ekaputra, mengungkapkan konstruksi pembangunan bandara diyakini selesai pada November 2017, sehingga pengoperasian komersial dapat terealisasi pada Februari 2018.

"Di tahun pertama kita akan ada 10 rute domestik, dan empat rute international jadi totalnya 14. Satu rute internationalnya untuk umroh, haji, lalu tiga yang lainnya Singapura, Kuala Lumpur dan Bangkok," kata Virda di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis 4 Mei 2017. 

369 Jemaah Haji Akan Terbang Perdana dari Bandara Kertajati Malam Ini

Sementara itu, untuk penerbangan domestik, pihaknya menargetkan ada 10 rute ke beberapa tujuan dominan di Indonesia. Pengoperasian bandara pada tahap awal akan bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II. 

"Penerbangan domestiknya dari mulai Medan, Bali, Surabaya, ada 10 lah, rinciannya enggak terlalu hapal," ujar dia.

Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jemaah

Hingga kini, kata Virda, pihaknya telah melakukan penandatanganan kerja sama atau MoU dengan beberapa maskapai penerbangan domestik maupun internasional. Di antara maskapai yang sudah komitmen dalam bentuk MoU adalah Citilink, Kalstar, dan Sriwijaya Air.

"Sebentar lagi (MoU) dengan Garuda Indonesia dan Air Asia," ujar dia. 

Rute Internasional, kata dia, akan dilayani oleh maskapai dalam negeri yang tentunya sudah sangat terpercaya, yakni Garuda Indonesia dan Air Asia. "Garuda dan Air Asia sudah bisa Internasional, Citilink juga sudah bisa ke Singapura," tuturnya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya