Ada Aksi 505, Kereta Api Jarak Jauh Berhenti di Jatinegara

Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta pada hari ini, Jumat 5 Mei 2017, akan melakukan rekayasa pola operasi pemberangkatan kereta api. Hal ini, mengantisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan penumpang, akibat kemacetan di sekitar stasiun Gambir, akibat aksi damai 505 yang difokuskan di sekitar Masjid Istiqlal.

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Rekayasa pola operasi tersebut, yakni 16 rangkaian kereta api (KA) yang berangkat dari Stasiun Gambir, pada hari itu akan berhenti luar biasa di Stasiun Jatinegara. 

"Jadi, penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir, bisa naik dari Stasiun Jatinegara. Di mana biasanya, KA keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini, demi memudahkan pelayanan penumpang," ungkap Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto dalam keterangan tertulisnya.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

Ia menjelaskan, hal ini berlaku mulai keberangkatan KA 14 (Argo Muria) keberangkatan pukul 07.00 sampai dengan KA 18 (Argo Jati) keberangkatan pukul 17.20. Total ada 16 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang juga akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara, guna pelayanan penumpang yang mungkin kesulitan naik dari Stasiun Gambir.

"16 KA itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi di Stasiun Jatinegara, sehingga juga berhenti di sana," terang Suprapto.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

Untuk itu, para penumpang yang sudah memiliki tiket/kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara. "Kita juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

Lebih lanjut, PT KAI juga mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. "Pastikan, selalu nama yang tertera pada tiket/kode booking Anda sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas Anda," kata dia.

Berikut ,daftar KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan akan berhenti luar biasa (blb) di Stasiun Jatinegara :

   - KA 14 (Argo Jati)
   - KA 10 (Argo Dwipangga)
   - KA 52 (Taksaka)
   - KA 22 (Argo Parahyangan)
   - KA 16 (Argo Jati)
   - KA 2 (Argo Bromo Anggrek Pagi)
   - KA 62 (Tegal Bahari)
   - KA 24 (Argo Parahyangan)  
   - KA 64 (Tegal Bahari)
   - KA 68 (Cirebon Ekspress)
   - KA 34 (Argo Parahyangan)
   - KA 56 (Bangunkarta)
   - KA 26 (Argo Parahyangan)
   - KA 12 (Argo Sindoro)
   - KA 44 (Bima)
   - KA 18 (Argo Jati)
(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya