Menhub Khawatirkan Aturan Ganjil Genap saat Mudik di Tol

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan mengaku hingga kini masih mengkaji aturan ganjil genap di Jalan Tol pada saat musim mudik lebaran 2017. Kemacetan parah yang terjadi pada setiap musim mudik lebaran diyakini dapat terurai dengan sistem tersebut.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis, penetapan aturan ganjil genap itu, akan mengurangi kepadatan kendaraan hingga 20 persen saat mudik lebaran. 

"Kalau bisa diterapkan mungkin 20 persen (berkurangnya kendaraan) bisa tercapai," kata Budi ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Ia mengatakan, kebijakan ini harus benar-benar dikaji dengan baik. Jangan sampai para pengguna jalan malah justru merugi dengan aturan tersebut.

"Yang paling kita khawatirkan sosialisasinya itu tidak masif, nah kalau tidak masif itu, mengakibatkan orang merasa dirugikan. Kalau orang merasa dirugikan, malah lebih macet, dia enggak bisa jalan gitu," kata dia. 

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

Karena itu menurutnya, pihaknya akan merancang sosialisasi yang lebih baik pada tahap ke depan. Adapun keputusan aturan itu diterapkan atau tidak akan diumumkan pada pekan depan. "Minggu depan itu hari Jumat depan deh, kita umumkan," kata dia.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022