Menkeu Tambah Anggaran untuk Penjara, ini Alasannya

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Salemba
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Demi mengatasi masalah kelebihan kapasitas atau jumlah narapidana yang semakin banyak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Indonesia, Pemerintah memastikan ada penambahan anggaran untuk memperluas Lapas hingga penambahan personel penjagaan. 

Waduh, Hasil Rapid Tes Dua Sipir Lapas Cibinong Positif Corona

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak membantah kabar bahwa pemerintah menyediakan anggaran khusus untuk hal tersebut. Bahkan, kata Ani, sapaan akrab dia, pemerintah juga fokus untuk penambahan personel untuk memperkuat penjagaan. 

"Kita di dalam formasi untuk tahun ini sesuai yang disampaikan kepada Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara). kita akan mencoba untuk membangun formasi rekrutmen di dalam memenuhi kebutuhan Lapas itu," kata Ani ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017. 

Corona Mewabah, Kapasitas Lapas dan Rutan Dinilai Perlu Dikurangi

Hanya saja, Ani tak menyebut secara rinci, berapa anggaran yang akan digelontorkan oleh pemerintah. Namun, penjagaan di Lapas, menurutnya adalah kebutuhan keamanan yang perlu ditingkatkan. 

Sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengaku telah mendesak Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk memberikan dana guna pembangunan Lapas dan Rutan sebagai upaya mengatasi masalah kelebihan kapasitas yang kerap menimbulkan kericuhan. 

Cegah Corona, Seluruh Penjara Liburkan Pengunjung

Bahkan, kericuhan yang cukup luar biasa terjadi beberapa waktu lalu di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru mengakibatkan sejumlah tahanan berhasil kabur dari Lapas. Meskipun, tak lama berselang, para tahanan yang kabur berhasil diciduk kembali oleh aparat. (ren)

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Bebas dari Penjara, Nazaruddin Terima Remisi 49 Bulan

Nazaruddin akan mendapat pengawasan dan bimbingan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juni 2020