Menhub Optimis Jalur Ganda Kereta Api Jawa Selesai 2019

Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menggelontorkan anggaran setiap tahun sebesar Rp2 triliun untuk proyek double track Kereta api. Proyek jalur ganda Kereta Api lintas Jawa ini diharapkan dapat selesai paling lambat pada 2019 mendatang. 

Bakal Jadi yang Terpanjang di RI, Kemenhub Bangun Rel Layang Solo

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah kini mengebut dalam pembangunan sistem double track, atau dua rel ganda itu supaya kecepatan penumpang sampai ke tujuan bisa meningkat hingga 20 persen.

"Investasinya dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) untuk digunakan oleh KAI (PT Kereta Api Indonesia). Tahun ini mungkin sekitar Rp2 triliunan, tahun depan sama, jadi ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan di Jawa Timur," kata Menhub ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu 10 Mei 2017. 

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Proyek ini, diakui Budi, memang menelan anggaran, atau investasi yang cukup besar. Namun, manfaat yang dirasakan bagi masyarakat dan gerak perekonomian akan cepat tumbuh lebih cepat dengan pembangunan infrastruktur ini. 

"kita harapkan nanti, di (jalur) Jawa bagian selatan, Jawa bagian utara, itu double track semua, jadi kalau ada kereta api enggak usah nunggu di stasiun, langsung aja perlintasan gitu. Dengan adanya double track itu kecepatan bisa meningkat 20 persen sampai ke tujuan," ujar dia. 

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Budi menuturkan, dalam waktu kurang lebih satu tahun, atau maksimal dua tahun ke depan, jalur kereta dengan dua rel ganda itu akan dapat dioperasikan. "Kita harapkan dalam 1,2 tahun mendatang sudah double track, 2019 (paling lambat)," tuturnya. (asp)

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022