Ingin Tahu Pekerjaan yang Sesuai Minat Anda, Cek di Sini

Ilustrasi lowongan pekerjaan di koran.
Sumber :

VIVA.co.id – Tentunya setiap orang menginginkan pekerjaan yang mereka idam-idamkan. Apalagi jika pekerjaan yang dimiliki sesuai dengan minat, tentu bekerja menjadi terasa menyenangkan. Namun banyak orang yang belum mengetahui minat yang mereka miliki sehingga banyak orang yang terkadang salah memilih pekerjaan. 

Adegan Film Porno yang Paling Dicari, hingga Dokter Boyke Sebut Onani Sehat

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita bukanlah hal yang mudah. Lalu bagaimana memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian. Berikut ini beberapa tips dari Cermati.com yang dapat membantu Anda untuk dapat memilih pekerjaan sesuai minat. 

1. Mengenali minat Anda

Hasil Penelitian: Jenis Bidang Pekerjaan Ini Rentan Potensi untuk Selingkuh

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu minat yang ada di dalam diri Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam memilih pekerjaan. Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan yang didasarkan pada minat.  

- Minat terhadap ide

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Bila Anda merupakan karakter yang senang mempelajari hal atau ide baru serta kreatif, maka jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah pekerjaan yang berada dalam lingkup ilmu pengetahuan misalnya riset, penulis, pengobatan, artistik, dan lainnya. Pekerjaan-pekerjaan seperti ini sangat membutuhkan ide dan inovasi baru di dalamnya. 

- Minat terhadap orang

Yang dimaksudkan dengan minta terhadap orang adalah ketika Anda senang bekerja dengan membutuhkan banyak interaksi orang lain dan tidak senang bila bekerja sendirian. Pekerjaan yang tepat untuk minat ini antara lain seperti public relation, marketing, konsultan, dan lainnya. 

- Minat terhadap benda

Biasanya orang-orang yang memiliki minat kepada benda berkarakter rapi, teratur, serta selalu terencana. Pekerjaan yang cocok dengan minat seperti ini biasanya di perkantoran, akuntan, programmer dan hal lainnya yang berada di balik layar. 

2. Mengenali kepribadian yang sesuai dengan minat

Setelah mengenali minat yang ada dalam diri, Anda juga perlu mengetahui jenis keperibadian Anda. 
Menurut John Holland, karakter dan kepribadian terbagi ke dalam 6 jenis, antara lain:

- Kepribadian realistik

Orang dengan kepribadian seperti ini biasanya lebih cenderung agresif, praktis, realistis, serta cenderung untuk bekerja dengan alat-alat mekanik seperti mesin. Sangat tidak disarankan bagi orang dengan karakter ini untuk bekerja di lingkup aktivitas sosial. Biasanya pekerjaan yang cocok untuk karakter seperti ini adalah insinyur, mekanik, produksi, pilot, dan lainnya. 

- Kepribadian investigatif

Orang dengan karakter seperti ini biasanya sangat pandai ketika memecahkan sebuah masalah serta memiliki interlektual yang tinggi, namun terkadang menghindari pekerjaan yang cenderung bersifat pemimpin. Sehingga pekerjaan yang cocok untuk orang dengan karakter ini adalah psikiater, polisi, ahli kimia, dan lainnya. 

- Kepribadian artistik

Tipe orang yang memiliki karakteristik seperti ini biasanya senang melakukan hal-hal yang berbau seni dan kreativitas yang menggunakan keterampilan tangan dan sastra. Selain itu, biasanya karakter ini menghindari pekerjaan yang berulang secara rutin. Sehingga pekerjaan yang cocok dengan karakter seperti ini adalah komposer, editor buku, desain grafis, aktor, dan lainnya. 

- Kepribadian usahawan

Karakter orang seperti ini biasanya senang untuk memimpin dan mempengaruhi orang-orang lain di sekitarnya. Selain itu, orang dengan karakter ini biasanya cenderung ambisius, senang bersosialisasi namun menghindari pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi. Sehingga pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ini adalah pebisnis, hakim, pengacara, dan lainnya. 

- Kepribadian sosial 

Karakter orang dengan kepribadian seperti ini biasanya memiliki jiwa sosial yang tinggi, senang membantu orang lain, dan sangat menyukai kegiatan yang dapat berinteraksi dengan orang lain. Sehingga pekerjaan yang cocok untuk karakter orang seperti ini adalah perawat, dokter, konsultan, dan pekerjaan lainnya yang memiliki interaksi sosial yang tinggi. 

- Kepribadian konvensional

Karakter lainnya yaitu konvensional. Orang yang memiliki karakter tersebut senang dengan pekerjaan yang berkaitan dengan angka, berkas, dan hal-hal yang bersifat teratur. Pekerjaan yang cocok untuk karakter orang seperti ini adalah akuntan, administrasi, keuangan, dan sekretaris. 

Kenali minat dan kepribadian dalam diri Anda

Tentunya memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kepribadian akan terasa menyenangkan untuk dikerjakan. Namun untuk mendapatkan semua itu, bukanlah hal yang mudah. Untuk itu Anda perlu mengenali minat dan kepribadian Anda terlebih dahulu, sehingga dapat memudahkan mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya