Mau Jadi Karyawan Teladan, Ikuti Enam Cara Ini

Disiplin harus menjadi kebiasaan dalam hidup, karena efeknya akan sangat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam berbagai hal.
Sumber :

VIVA.co.id – Menjadi pribadi yang disiplin dalam hal bekerja memang tidak mudah, jika memang tidak membiasakanya. Disiplin harus menjadi kebiasaan dalam hidup, karena efeknya akan sangat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam berbagai hal. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Ketika sedang bekerja, ada banyak hal yang harus diselesaikan, tidak mungkin kita mampu menyelesaikanya tanpa pola kerja yang baik. Untuk membentuk pola kerja yang baik, disiplin harus dimulai dalam diri sejak dini. 

Bagi Anda yang mungkin merasa sulit untuk bisa disiplin dalam bekerja maupun dalam menyelesaikan suatu hal, sebaiknya mulai melakukan beberapa hal yang akan membuat Anda menjadi lebih disiplin. Hal-hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, asalkan memang memiliki kemauan untuk melakukanya. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Setelah terbiasa, rasa disiplin ini akan muncul dalam diri. Jika sudah begitu, kesuksesan yang sesungguhnya akan menanti Anda. Berikut ini lima strategi jitu dari Cermati.com, agar Anda bisa memiliki rasa disiplin ketika bekerja

1. Menyusun jadwal kerja dan aktivitas yang lain

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Sesuatu hal yang sudah terjadwal, akan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Seperti hal nya saat kita sekolah dulu, tujuan kita untuk pergi ke sekolah adalah belajar tentang mata pelajaran yang memang sudah dijadwalkan, hidup menjadi lebih terarah. 

Buatlah jadwal kerja yang lengkap dengan waktunya. Kemudian tentukan bagian-bagian yang menjadi prioritas dalam jadwal tersebut, dan lakukan dengan tepat waktu.

Selain mampu mengerjakan sesuatu dengan lebih terarah, anda juga akan belajar untuk membagi waktu dengan sangat baik. Sebagian besar orang, sering membuang waktunya dengan percuma, namun anda yang disiplin justru akan selalu menjadikan waktu menjadi lebih berharga agar tidak terbuang percuma.

2. Miliki target untuk setiap pekerjaan

Setelah mulai mengatur waktu dan jadwal untuk menjadi lebih disiplin, akan lebih baik lagi jika anda juga memiliki target dalam pekerjaan. Tentukan target apa yang ingin dicapai dalam suatu proyek pekerjaan yang mungkin sedang dikerjakan saat ini. 

Terapkan beberapa strategi untuk bisa mencapai target yang dibuat. Hindari membuat target yang di luar batasan anda. Ekspektasi terlalu tinggi juga tidak baik untuk pekerjaan Anda. Sesuaikan target pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki.

3. Rasa tanggung jawab dalam bekerja

Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi adalah cerminan kedewasaan seseorang. Tidak hanya dalam kehidupan pribadi, tetapi dalam pekerjaan juga, orang harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan yang harus diselesaikanya.

Hindari untuk selalu menyalahkan rekan kerja lainya, saat terjadi kesalahan dalam pekerjaan anda. Melakukan pekerjaan dengan disiplin, akan memunculkan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan tersebut. 

4. Kurangi kebiasaan negatif

Ketika bekerja, kebiasaan negatif seseorang terkadang bisa muncul, saat dia kurang Disiplin. Salah satu kebiasaan negatif ini seperti menunda pekerjaan dan terlalu malas di saat jam kerja sedang berlangsung. 

Saat berniat ingin bekerja, maka lakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda, sehingga tidak ada kata malas atau menunda pekerjaan yang hanya akan membuat anda kewalahan.

5. Maksimalkan perubahan diri untuk lebih disiplin

Menjadi pribadi yang disiplin bukanlah menjadi orang yang lebih kaku dalam menghadapi segala hal. Menjadi disiplin, terutama bagi Anda yang belum terbiasa melakukannya, malah akan menyenangkan. 

Jika memang tidak bisa dilakukan dengan segera, Anda bisa mulai dengan perlahan untuk menjalankan strategi disiplin tersebut, hingga akhirnya menjadi terbiasa.

6. Terus berlatih untuk disiplin

Disiplin harus terus dilatih dan dipraktikkan agar bisa menjadi kebiasaan dalam diri kita. Disiplin harus dimulai sejak dini, terlebih saat Anda mulai bekerja dan mulai menjadi pribadi yang dewasa. Miliki sebuah motivasi dalam hidup, agar disiplin mudah diterapkan dalam diri Anda. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya