Bandara Baru Yogyakarta Dilengkapi Jalur Kereta dan Tol

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegaskan pembangunan jalan tol yang menghubungkan dengan bandara baru New Yogyakarta International Airport atau NYIA dan jalur rel kereta api akan selesai berbarengan. Pemerintah menargerkan bandara itu sudah beroperasi pada 2019. 

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

"Ketika bandara selesai dibangun dan siap dioperasionalkan, maka jalan tol dan jalur kereta api yang menghubungkan dengan bandara juga selesai dibangun," kata Budi Karya di Yogyakarta, Kamis malam, 18 Mei 2017.

Terkait keinginan DPRD Yogyakarta dan masyarakat yang akan terpinggirkan dengan keberadaan jalan tol, sehingga memilih memaksimalkan keberadaan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa. Budi mengatakan, hal itu akan dimusyawarahkan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Ya kalau ada pihak yang kurang setuju, tentu kita akan berdialog terlebih dahulu," ujarnya.

Budi mengatakan, salah satu solusi yang bisa dilakukan dengan memberi tempat para pedagang di tempat istirahat di tol. 

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Bisa pula masyarakat yang berdagang diberi akses untuk berjualan di rest area tol, sehingga ekonomi mereka tidak terganggu bahkan mungkin meningkat," ucapnya.

Keberadaan jalan tol sendiri, kata Budi, bisa mendorong kunjungan wisatawan asing meningkat karena akses menuju objek wisata bisa lebih cepat.

"Tentu kalau banyak wisata mancanegara yang datang maka devisa akan naik. Perekonomian masyarakat juga terdongkrak," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya