Menhub Optimis Bandara RI Bisa Seperti Changi dan Incheon

Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, kolaborasi antara bandara dan layanan berteknologi digital akan meningkatkan nilai apresiasi masyarakat dunia kepada Indonesia.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

"Teknologi digital merupakan cara baru sekaligus sarana yang dapat membangkitkan semangat baru. Melalui teknologi digital dapat membuat lebih murah, cepat dan canggih. Jika diimplementasikan atau dikolaborasikan dengan Bandara tentunya akan membuat apresiasi dunia bagi Indonesia menjadi meningkat," kata Budi saat acara Seminar dengan tema Kebangkitan Bandara Digital Indonesia bertempat di kantor pusat PT. Angkasa Pura II, Sabtu 20 Mei 2017.

Budi mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PT AP II dan stakeholders dengan adanya teknologi layanan digital di Bandara.

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

"Kita tidak sadar kalau PT AP II ini bersaing dengan Bandara Changi, Bandara Incheon. Banyak yang terlalu yakin bisa bertahan dengan cara lama dalam suatu industri tetapi dengan digital dia akan terkalahkan," ujarnya.

Ia yakin melalui kolaborasi antara teknologi digital dan bandara merupakan suatu paket yang akan memberikan kepuasan bagi masyarakat sehingga dapat menaikkan peringkat khususnya pada bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

"Kalau kita bisa tingkatkan sama baiknya dengan Jepang, China, bahkan Amerika Serikat, Insya Allah peringkat Soekarno-Hatta yang sekarang di posisi 44 tahun depan bisa di posisi 30 dan tahun depan lagi menjadi posisi 15," tuturnya.

Dalam seminar tersebut Menhub juga menjelaskan teknologi digital tidak hanya memberikan kepuasan dalam pelayanan tetapi juga menciptakan aspek keselamatan yang lebih baik.

"Karena begitu penumpang datang bisa langsung melihat melalui smartphone-nya, apa yang ada di sini tergambar semuanya, physically bisa dilihat tetapi secara digital direkam, sehingga jika yang ada di sini dapat terekam dan pastinya itu memberikan keamanan bagi kita semua," kata Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya