74 Area Pusat Angkutan Umum Bakal Dibangun Rusun

Ilustrasi rumah susun.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara segera menggarap proyek rumah-rumah susun di dekat stasiun kereta api. Ini dikenal sebagai pengembangan Transit Oriented Development (TOD) atau hunian yang terintregrasi dengan akses transportasi.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana, dan Prasarana Perhubungan dari Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, mengungkapkan sedikitnya ada 74 TOD yang bakal dibangunkan rusun. Diharapkan pembangunan ini dapat mengurangi beban kebutuhan rumah. 

"Kita lakukan dengan perbaikan daripada tempat-tempat yang mungkin bisa kita bangun. Ada TOD di mana ada 74 stasiun yang bisa dibangun TOD rusun yang bisa membantu untuk mengurangi beban kebutuhan rumah," kata Pontas di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 29 Mei 2017. 

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Penghasilan Rendah

Pembangunan ini juga akan memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) karena sebagian besar juga tergolong merupakan rumah murah. Untuk masing-masing TOD, lanjut dia, diperkirakan mampu dibangun sebanyak 3.000 unit hingga 4.000 unit.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Sehingga, lanjut Pontas, jika semuanya dapat dikembangkan, hunian tersebut bakal berjumlah sekitar 210 ribu unit. Tahap awal pada 2017, ungkap dia, akan dilakukan pembangunan mulai dari Stasiun Bogor, Stasiun Pondok Cina hingga Stasiun Tanah Abang.

"Tapi perlu dipahami pengembangan ini ditentukan juga oleh perizinan karena tentu tidak semua tempat bisa dibangun. Akan mulai di 2017 ada di beberapa tempat, di Tanah Abang, Pondok Cina dan Bogor," ujar dia. (ren)

Pelepasan Mudik Gratis Pelindo (Doc: Natania Longdong)

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, memberangkatkan sebanyak 3.975 orang yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Adapun, ribuan warga yang mudik itu ke-1

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024