Bank Dunia Rekomendasikan Peleburan PGN dan Pertagas

Ilustrasi petugas PGN melakukan pengecekan instalasi pipa gas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Bank Dunia rekomendasikan pemerintah Indonesia untuk merampungkan proses penggabungan dua Badan Usaha Milik Negara sektor energi, Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan Pertamina Gas (Pertagas). Rekomendasi itu, tertuang dalam kerangka kerja optimalisasi dan investasi infrastruktur gas di Indonesia.

Pertagas Cetak Laba Bersih US$196,7 Juta di 2023, Target Tahun Ini Dinaikkan

Mengutip riset Bank Dunia, Jumat 2 Juni 2017, rekomendasi tersebut sejalan dengan sistem distribusi pipa di Indonesia yang justru menciptakan inefisiensi. Penggabungan PGN maupun Pertagas pun bisa menjadi solusi untuk membenahi kriteria seleksi investasi jaringan pipa yang selama ini dianggap belum cukup kompetitif.

“Rekomendasi selanjutnya adalah revisi struktur tarif dasar gas untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi. Rekomendasi lainnya, adalah rasionalisasi strategi FSRU (Floating Storage and Regassification),” jelas riset Bank Dunia.

Resmi 17 Tahun Berkiprah, Pertagas Mulai Kembangkan Potensi Bisnis Petrokimia dan Energi Bersih

Pengamat Energi dan Mineral dari Universitas Indonesia Berly Martawardaya mengungkapkan, semakin cepat pemerintah melebur kedua perusahaan itu, dampak positif pun bisa segera terasa. Apalagi, pemerintah membutuhkan perusahaan gas nasional yang kuat, demi menopang sendi perekonomian.

“Misalnya, kalau yang namanya pembelian pipa itu dilakukan dua perusahaan, dan pembangunan infrastrukturnya mahal. Berbeda dengan satu perusahaan yang terintegrasi,” kata Berly.

Klarifikasi: Api di Rest Area Cipali Bukan Dari Pipa Pertamina

Dengan adanya rekomendasi tersebut, pemerintah pun diharapkan bisa segera memutuskan waktu peleburan PGN dengan Pertagas. Menurut Berly, tahun ini merupakan waktu yang tepat melakukan proses pembahasan mengenai hal tersebut, agar penggabungan kedua perusahaan tersebut bisa beroperasi pada tahun depan.

“Ini juga untuk meminimalisir biaya, jadi memang harus segera disatukan. Paling lambat tahun depan, karena 2019 sudah tahun Pemilu,” kata Berly.
 

Corporate Secretary PT Pertamina Gas (Pertagas) Muhammad Baron

Komitmen Dukung UKM Naik Kelas, Pertagas Borong Penghargaan Internasional Ini

PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Subholding Gas Pertamina menegaskan komitmennya mendukung kemajuan UKM yang berada di sekitar wilayah operasionalnya.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024