Tukar Uang Receh untuk Lebaran, Ini Lokasinya

Penukaran Uang Pecahan Kecil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id –  Bank Indonesia sampai saat ini terus melakukan persiapan kebutuhan uang tunai bagi seluruh elemen masyarakat menjelang Lebaran. Khususnya, uang pecahan kecil.

Cegah Penukaran Uang di Jalanan, BI Tambah Batas Jumlah Penukaran Jadi Maksimum Rp 4 Juta

Deputi Gubernur BI Sugeng menyatakan, bank sentral sejak 22 Mei 2017 lalu telah membuka layanan penukaran uang di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Uang yang disediakan, mulai dari uang kertas, maupun uang logam dalam jumlah cukup, baik secara nominal maupun pecahan.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan persediaan yang kartal, karena lebih dari cukup baik itu nominal dan pecahan," kata Sugeng dikutip dari keterangannya, Sabtu 3 Juni 2017. 

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Sampai dengan 29 Mei, realisasi penukaran uang di wilayah tersebut mencapai Rp2,6 miliar, dengan jumlah masyarakat yang menukar sebanyak 600 orang. Bank sentral memperkirakan, kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan sampai Lebaran mencapai Rp167 triliun.

"Layanan penukaran uang khusus di Jakarta, di Monas. 13 Bank juga akan ikut serta dalam layanan penukaran uang di Monas mulai 5 Juni," kata Sugeng.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Selain Monas, bank sentral menyatakan, bahwa seluruh elemen masyarakat pun bisa melakukan penukaran uang di seluruh kantor perwakilan BI yang tersebar di berbagai daerah, maupun beberapa landmark di kota-kota besar.

Misalnya di Bali, penukaran bisa dilakukan di Lapangan Puputan. Sementara di Lhokseumawe, layanan penukaran uang disediakan di Masjid Islamic Center. Sedangkan di Bandung, penukaran bisa dilakukan di Alun-Alun.

"Agar memudahkan masyarakat, kami sudah meminta perbankan agar mencantumkan sticker dan informasi penukaran," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya