Cara Ini Bikin Mudik Jadi Lebih Irit

Ilustrasi perjalanan mudik
Sumber :

VIVA.co.id – Bagi orang yang punya kampung halaman jauh dari domisili saat ini Idul Fitri pasti terasa kurang berkesan bila tidak mudik. Maklum, ritual setahun sekali ini memang penuh kesan karena kita akan bertemu dengan keluarga dan teman yang sudah lama tak berjumpa di kampung halaman. 

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Namun, ritual mudik bisa sangat menjebak. Jika tidak disiasati dengan tepat, mudik bisa membuat pengeluaran membengkak. Nah, agar mudik jadi lebih irit, trik yang dikutip dari CekAja.com ini bisa Anda terapkan.

1. Menyusun anggaran

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Sebelum menggunakan gaji dan THR cobalah membuat perencanaan keuangan mudik. Buat daftar pengeluaran yang pasti ada saat mudik. Hitung juga estimasi biayanya.  Cara ini akan mencegah Anda membeli hal atau mengeluarkan uang yang tak sesuai dengan perencanaan dan tentunya kebutuhan Anda. 

Misalnya, Anda bisa menghindari belanja oleh-oleh berlebihan. Menyusun anggaran sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain agar mendapatkan masukan.

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

2. Lindungi diri dan kendaraan Anda

Data Korps Lalu Lintas Polri menunjukkan, angka kecelakaan lalu lintas sepanjang musim mudik Lebaran tahun 2015 mencapai 3.049 kasus. Dari jumlah itu korban yang meninggal dunia  mencapai 657 orang. 

Sedangkan penderita luka berat mencapai 1.068 orang dan luka ringan mencapai 4.532 orang. Data ini menunjukkan bahwa risiko kecelakaan selalu tinggi saat mudik lebaran. 

Untuk itu, lindungi diri Anda dengan asuransi seperti asuransi kendaraan, asuransi jiwa dan asuransi perjalanan. Dengan cara ini, risiko finansial yang bisa saja muncul dan merusak kondisi keuangan selama mudik Lebaran bisa dihindari.

3. Mudik dengan pesawat, hindari kelebihan bagasi

Jangan membawa barang terlalu banyak bila Anda mudik menggunakan pesawat. Tiket pesawat yang tinggi saat musim Ramadan saja akan menguras kantong Anda. Apalagi jika Anda harus membayar kelebihan bagasi. 

Pilah-pilah barang bawaan Anda sebelum mudik ke kampung halaman. Begitu halnya ketika Anda kembali ke domisili setelah menghabiskan waktu di kampung halaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya