Lakukan Hal Ini, Pasti Keuangan Anda Aman Selama Ramadan

Ilustrasi/Umat muslim sedang menikmati berbuka puasa selama ramadan
Sumber :
  • REUTERS / Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Bulan puasa, biasanya diikuti dengan naiknya biaya kebutuhan hidup. Namun, jangan sampai kenaikan tersebut membuat keuangan Anda kacau. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Ingat, di akhir Ramadan Anda wajib menyisihkan dana untuk kebutuhan tiket mudik hingga belanja kebutuhan Lebaran. Nah, agar Anda bisa bertahan sepanjang Ramadan, dikutip dari CekAja.com berikut ini empat trik bijak yang bisa Anda terapkan.
 
1. Bikin menu buka puasa sendiri

Tersedianya pedagang takjil dadakan memang bisa membuat kita konsumtif. Bayangkan saja, aneka makanan yang sebelumnya jarang kita temukan di hari biasa mulai dari es blewah, es timun suri hingga aneka bubur dan jajanan pasar bisa membuat lapar mata. 

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

Hitung saja, harga kolak Rp5.000, bubur sumsum Rp10 ribu ditambah es timun suri Rp10 ribu. Sehari, Anda bisa mengeluarkan Rp25 ribu. Dan, nilai yang dikeluarkan sebulan bisa mencapai Rp750 ribu. 

Untuk mengatasi ini, bikin sendiri menu buka puasa Anda. Selain bisa menghemat, aktivitas ini bisa membuat ngabuburit Anda lebih produktif.

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

2. Belanja seperlunya

Ada banyak godaan yang membuat seseorang boros saat Ramadan. Contohnya diskon Ramadan yang ditawarkan supermarket, atau mal-mal besar. Lantaran tertarik dengan diskon tersebut, orang pun cenderung membeli berlebihan. 

Hindari godaan finansial ini dengan belanja menggunakan perencanaan. Minimal, buat daftar belanja sebelum Anda mengunjungi pusat perbelanjaan. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar membeli barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

3. Manfaatkan fasilitas kartu kredit

Bank penerbit kartu kredit biasanya menawarkan diskon, promo, dan cashback selama Ramadan. Anda yang memiliki kartu kredit bisa memanfaatkan promo ini untuk belanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran seperti baju lebaran, kebutuhan rumah tangga, bahkan buka bersama di restoran. 

Jika Anda adalah orang yang rutin menggunakan kartu kredit tukar poin reward kartu kredit yang belum dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan penting seperti belanja rumah tangga dan baju lebaran.

4. Belanja bersama teman atau keluarga

Promo belanja beli dua gratis satu atau Rp100 ribu dapat lima, sedangkan hanya satunya Rp30 ribu pasti sering ditemui. Sebenarnya, Anda hanya butuh satu tapi promo yang ditawarkan terlalu menggiurkan. 

Untuk mencegah terjebak keinginan belanja seperti ini ajak teman, atau keluarga belanja bersama. Dengan demikian, Anda bisa sama-sama untung dan tidak berlebihan dalam membeli. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya