Siap-siap, THR Turun Harga Pokok Mulai Meroket 

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA.co.id – Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan DKI Jakarta, Doni P. Joewono mengatakan, selama dua minggu bulan Ramadan permintaan kebutuhan bahan pokok masih stabil dan tidak ada kenaikan yang signifikan.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

"Dua minggu ini harga stabil, demand (permintaan) belum kelihatan. Cuma bawang merah sedikit naik, telur ayam sempat jatuh harganya," kata Doni di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Juni 2017.

Namun, Dia meyakini permintaan kebutuhan bahan pokok pada bulan Ramadan 2017 akan meningkat setelah Tunjangan Hari Raya (THR) sudah turun.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

"THR turun demand bisa meningkat tapi enggak pengaruhi harga," katanya.

Kata Doni, permintaan bahan pokok itu waktunya bisa dipastikan pada H-7 Lebaran Idul Fitri 2017. Adapun komoditas yang berpotensi naik yaitu seperti daging sapi dan ayam.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Dengan demikian, kestabilan harga dan stok di pasaran tentunya harus diwaspadai masyarakat dan satuan tugas (satgas) pangan yang sudah bekerja maksimal harus semakin ditingkatkan.

"Pasokannya diisi, satgas pangan yang nimbun dihajar, artinya saya katakan semua orang terlibat supaya harga pangan tidak naik bahkan kepolisian sudah terlibat," katanya.

Bahkan, kata Doni, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga telah menginstruksikan jajaran Kapolda dan Kapolres jika ada penimbunan barang agar bisa ditindak tegas.

"Saya hadir di acara Kapori bersama kapolda, (Jenderal Tito bilang) kalau ada penimbunan saya ganti kamu. Sampai Kapoldanya di gitukan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya