Adhi Karya Bakal Bangun Hunian Dekat Stasiun LRT

Pembangunan Proyek LRT Cibubur-Cawang. Ini merupakan proyek Adhi Karya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id – PT Adhi Karya Tbk bakal lebih serius merambah bisnis properti saat ini. Salah satunya dengan memaksimalkan Transit Oriented Development (TOD) atau titik pemberhentian di sekitar proyek Light Rail Transit (LRT) menjadi perumahan. 

Adhi Persada Gedung Jadi Kontraktor Utama Proyek CCM 2 Bogor

Direktur Keuangan Adhi Karya, Haris Gunawan mengatakan, setiap jalur kereta akan digunakan perusahaan untuk mengembangkan hunian. Salah satu yang rencana dilakukan adalah di Bekasi Timur, hingga di Cikoko, Jakarta Selatan. 

"Yang Pasti di Bekasi Timur itu kita punya tanah 50 hektare, di sana kita bangun, apartemen, hotel, ada mall juga, ada komersial area kayak Starbucks, tempat nongkrong," ujar Haris di Jakarta, Kamis Malam, 16 Juni 2017. 

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Untuk wilayah tersebut, ujarnya, saat ini sudah mulai dilakukan penjualan sembari pengerjaan konstruksinya. Pihaknya menargetkan akan terus mengembangkan hunian di atas lahan sekitar 200 hingga 300 hektare yang berada di sekitar wilayah TOD.

"Segmentasinya kelas menengah, kita enggak menyebut ke atas lah. Kalau ke atas kan mewah. Di sisi lain, kita juga mau mencari tanah di tempat lain, kita buat untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) baik itu landed atau vertikal," ujar dia. 

Korupsi Proyek Kampus IPDN, KPK Tahan Petinggi PT Adhi Karya

Bahkan, Ia menjelaskan, pihaknya akan membuat anak usaha baru di bidang TOD yang selama ini hanya bagian dari departemen Adhi Karya. Proses spin off atau pembentukan entitas baru perusahaan ditargetkan bakal dilakukan September mendatang. 

"Kalau kita spin off tahun ini, berarti kan tahun depan dia harus IPO (Initial Public Offering). Itu dari modal itulah, dia akan utang di sana. Kan gini, (untuk dana) konsep kita tahun ini adalah inject TOD sekitar Rp700 miliar sampai Rp1 triliun. Sehingga dia punya modal sekitar Rp2,3 triliun (ditambah investasi TOD perusahaan Rp1,3 triliun)," tambahnya. 

IPO ADCP.

Raih Rp288 M dari IPO, Adhi Commuter Properti Genjot Ekspansi Bisnis

Adhi Commuter Properti resmi IPO di Bursa Efek Indonesia pagi ini. Sahamnya dibanderol Rp130 per unit.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022