Cara Ketua OJK Terpilih Tekan Bunga Kredit jadi Satu Digit

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih Wimboh Santoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan terpilih Wimboh Santoso menjamin, upaya penurunan suku bunga kredit menjadi single digit tidak akan memberikan distorsi. Berbagai upaya pun akan dilakukan demi menurunkan suku bunga kredit yang masih di atas 10 persen.

BI Tagih Janji Bank BUMN Turunkan Suku Bunga Kredit Maret 2021

"Spiritnya memang harus kita dorong, upayakan, supaya lebih murah dengan cara yang baik. Tidak terdistorsi di pasar. Tentu itu semua bisa. Insya Allah bisa," kata Wimboh saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 19 Juni 2017.

Wimboh tak memungkiri, dibutuhkan upaya ekstra untuk menurunkan suku bunga kredit yang menjadi keinginan utama Presiden Joko Widodo. Rendahnya suku bunga, diharapkan bisa menggenjot permintaan dan harapannya bisa berkontribusi lebih terhadap perekonomian.

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, BNI Pangkas Suku Bunga Kredit

Komisaris PT Bank Mandiri itu menegaskan, perlu adanya sinergi antara pemerintah maupun Bank Indonesia untuk merealisasikan keinginan tersebut. Wimboh pun optimistis, dalam lima tahun ke depan OJK mampu berbuat banyak untuk menurunkan suku bunga kredit.

"Koordinasi dan sinergi itu baik, supaya sasaran pemerintah bisa tercapai, bank, industri keuangan tetap sehat, service bagus, masyarakat mendapatkan value added dari keberadaan sektor keuangan, biaya lebih murah. Mudah-mudahan," katanya.

Asyik, Suku Bunga Dasar Kredit Bank Mandiri Turun 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, sebelumnya memiliki mimpi bersama Wimboh ketika sama-sama berada di Bank Indonesia pada periode 2010-2012. Mimpi tersebut adalah menurunkan suku bunga kredit perbankan.

"Dulu kami buat SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit) dan dilihat satu persatu bank mana yang agak mahal di mana, pos mana, dan sebagainya. Harus di dorong pelan-pelan," ujarnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.

Suku Bunga Kredit Bank BUMN Sudah Kecil, BI: Swasta, Ayo Turunkan

Suku bunga kredit Bank BUMN yang tergabung dalam Himbara telah turun hingga single digit dari sebelumnya double digit.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2021