Pertamina Siapkan 9 Mobil Tangki Dispenser bagi Pemudik

Ilustrasi truk tangki Pertamina.
Sumber :
  • Rifki Arsilan/VIVA.co.id.

VIVA.co.id – PT Pertamina memperkirakan dalam tiga hari ke depan ada sebanyak 18 juta orang bergerak bersamaan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing di seluruh Indonesia.

Teken Perjanjian, Pertamina-Chevron Kaji Kelayakan Pemanfaatan Karbon di Kaltim

Untuk itu, mengantisipasi kondisi tersebut, Pertamina menyiapkan sejumlah fasilitas bahan bakar minyak (BBM) dan LPG. Pertamina juga menyiapkan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) yang beroperasi 24 jam serta menyiagakan 6.828 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Pertamina, Syahrial Mukhtar. mengatakan, untuk mengatasi distribusi, perseroan juga telah menyiapkan 4.019 armada mobil tangki untuk mengangkut BBM dari TBBM.

Ditetapkan Tersangka atas Kematian Tiga Pekerjanya, Manajemen PT PPLI Janji Taat Hukum

Menurut dia, pada tahun ini Pertamina juga menyiagakan sembilan unit mobil tangki dispenser berkapasitas 10.000 liter pada sejumlah ruas tol di enam lokasi di Pulau Jawa. Mobil tangki itu disiapkan untuk mengatasi kemacetan di jalur mudik.

"Kami siapkan satu unit mobil tangki dispenser di rest area non-SPBU KM 228 tol Cikampek-Palimanan (Cipali), satu unit di tol operasional Pejagan-Brebes di rest area KM 252, dan satu unit di rest area temporary KM 299 (Brebes-Gringsing)," ujar dia di Jakarta, Selasa malam, 20 Juni 2017. 

Pertamina Masih Kaji Pembelian Minyak Mentah dari Rusia, Banyak Risikonya

Dia menuturkan, selain di jalan tol fungsional, Pertamina menyiapkan satu unit mobil tangki dispenser di Jalan Daendels III wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Tangki tersebut diperuntukkan bagi kendaraan di jalur reguler selatan-selatan.

Sementara itu, untuk ketersediaan LPG, Syahrial mengatakan, Pertamina telah menjaga ketahanan stok minimal 11 hari. Dan sebanyak 22 depot LPG disiapkan untuk penambahan jam operasional dan siaga 24 jam.

Perseroan juga menyiapkan 601 SPBE dan penambahan suplai dan keandalan operasi dengan penyiapan 45 titik kantong suplai (660 MT) di jalur mudik, penambahan suplai dan stok built up di agen dan SPBE sebesar 110-115 persen.

“Sebanyak 2.218 agen siaga dan 47.075 pangkalan siaga,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya