Empat Tips Jitu Nabung Bersama Pasangan

Membahas keuangan dengan pasangan
Sumber :
  • Elle Beirut

VIVA.co.id – Anda yang telah memiliki pasangan hidup, tentu memiliki tujuan hidup bersama dalam hal karier, keluarga maupun dalam hal keuangan. Anda butuh komitmen yang sama, agar semua tujuan hidup tersebut dapat tercapai. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Jika tidak sama, misalnya saja Anda memiliki tujuan untuk melunasi seluruh utang terlebih dahulu, namun pasangan Anda justru ingin menambah daftar utang yang ada. Tentunya, hal itu akan menimbulkan gesekan dalam hubungan.

Karena itu, sangat perlu untuk selalu mendiskusikan langkah hidup yang ingin ditempuh dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi semua perbedaan yang ada. Ingatlah selalu bahwa Anda dan pasangan adalah tim dan akan lebih baik jika selalu bekerja sama. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Dengan kelebihan uang, tentu kehidupan akan lebih terbantu. Misalnya, Anda bisa melunasi utang yang ada, membeli rumah baru ,atau kendaraan keluarga. Karena itu, budayakanlah menabung bersama pasangan mulai dari sekarang. Simak empat tips dari Cermati.com menabung bersama pasangan di bawah ini.

1. Pikirkan kembali jika ingin berkencan

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Berapa kali dalam sepekan Anda dan pasangan melakukan kencan? Biasanya para pasangan telah menjadwalkan secara khusus untuk berkencan di akhir pekan. Misalnya saja, makan malam di restoran atau kafe, nonton bioskop, traveling, atau hal-hal lain yang notabene mengeluarkan biaya.

Jika ingin menabung bersama, pikirkan kembali jika ingin berkencan di mana butuh pengeluaran yang tidak sedikit. Sebaiknya, jauhkan diri Anda dan pasangan dari perilaku boros. Batasilah pengeluaran kencan, demi tujuan menabung bersama pasangan. 

Kencan romantis bisa dilakukan dengan cara alternatif yang lebih mudah dan murah. Misalnya, olahraga pagi di akhir pekan, memasak sendiri dan menciptakan makan bersama yang romantis di rumah dan menonton bersama di rumah. Dengan hal-hal semacam itu, Anda tetap bisa menikmati waktu kebersamaan dan menabung untuk masa depan.

2. Berkomitmen untuk tidak jajan di luar selama sebulan

Kebiasaan jajan atau makan di luar tentu akan dengan cepat menghabiskan uang simpanan yang ada. Misalnya membeli makanan cepat saja (fast food), jajan di minimarket, atau ngopi di kedai kopi. Lama-kelamaan kebiasaan seperti itu akan membuat kantong menjadi kering seketika.

Cobalah berkomitmen selama satu bulan ini untuk tidak jajan atau membeli makanan di luar, termasuk membawa bekal dari rumah ke tempat kerja. Tahan dan lawanlah godaan untuk makan di rumah makan atau sekadar membeli air minum kemasan di kantin kantor. 

Kemudian, lihatlah hasilnya di akhir bulan. Tentu saja, tabungan akan lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Selanjutnya, terapkanlah cara ini di bulan-bulan berikutnya.

3. Lupakanlah hadiah untuk sementara waktu

Beberapa momen penting antara Anda dan pasangan memang perlu diingat, seperti hari ulang tahun. Sebagian orang merayakannya dengan mengadakan pesta mewah, atau bahkan dengan memberi hadiah berupa barang-barang yang mewah.

Hal semacam itu tentu akan mengeluarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit. Apabila Anda termasuk tipe orang yang demikian, sebaiknya untuk sementara waktu lupakanlah hadiah untuk merayakan momen penting bersama pasangan. Dengan hal itu, Anda bisa menambah tabungan dengan jumlah uang yang ada.

Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan cara alternatif. Misalnya dengan saling memberi kartu ucapan dan catatan dengan jumlah tabungan bersama yang telah direncanakan. 

Selain itu, Anda juga bisa memberi kue ulang tahun yang sederhana namun berkesan dan menghabiskan malam yang romantis berdua. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa membuat hadiah yang dibuat sendiri secara kreatif dengan bahan yang murah tetapi bagus dan bermanfaat.

4. Rencanakanlah liburan murah

Liburan identik dengan pengeluaran yang besar. Namun, bagi sebagian orang terutama mereka pasangan muda sangat mendambakan liburan yang terbaik. Anda pun bisa melakukannya, namun pertimbangkan liburan yang murah bersama pasangan.

Misalnya, Anda dan pasangan bisa mengambil cuti bersama dan melakukan hal-hal yang menyenangkan di dalam kota, seperti jalan-jalan ke taman, mendaki gunung atau bermain di pantai yang ada di sekitar tempat tinggal kalian.

Berjuang bersama

Suatu hal yang menyenangkan bisa menghabiskan waktu bersama pasangan di tempat yang mewah, seperti hotel berbintang atau restoran mewah. Namun, yang terpenting adalah bagaimana cara menghabiskan waktu bersama yang berkualitas dan berkesan. 

Jika Anda dan pasangan telah berkomitmen untuk menabung demi suatu tujuan besar, memang harus ada hal-hal yang diperjuangkan. Hal utama ialah berhemat dalam hal pengeluaran, sebisa mungkin kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang kurang penting dan prioritaskan untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. 

Maka, Anda pun bisa melihat hasil indahnya di mana jumlah tabungan Anda semakin bertambah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya