Lima Tanda Bila Anda Digaji Kecil Perusahaan

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA.co.id – Meski dalam bekerja gaji yang Anda peroleh bukan penentu kebahagiaan, namun penghasilan yang cukup tentu akan menambah semangat dalam bekerja. Namun, ada kalanya orang tak sadar gaji yang diterimanya dari kantor tergolong kecil.

Ironis, Gaji BPIP Lebih Spesial Ketimbang Pegawai Non-PNS

Alasan yang melatarbelakanginya bisa bermacam-macam. Salah satunya karena merasa puas dengan tempat kerjanya saat ini. Dengan mengetahui ukuran gaji apakah tergolong kecil atau besar, Anda bisa menentukan karier Anda ke depannya.

Namun, ada kalanya orang bingung mengukurnya. Nah, sekadar panduan, seperti dikutip dari CekAja.com, Selasa 4 Juli 2017, berikut ini sejumlah tanda bila gaji Anda tergolong kecil.

Terkenal Sejahtera, Ini Besaran Gaji Pekerja Migas di RI

1. Cek penghasilan teman satu angkatan saat kuliah

Bisa saja Anda merasa nominal yang diterima cukup besar. Namun, belum tentu Anda sudah dibayar dengan cukup layak. Cara sederhana untuk mengetahuinya, coba tanya beberapa orang yang merupakan teman satu angkatan saat kuliah dulu. 

Kerja di Perusahaan Otomotif Gajinya Bisa Rp70 Juta

Usahakan cari mereka yang punya posisi sama dengan Anda. Bila gaji Anda ada di bawah teman-teman Anda tersebut, padahal bekerja di industri dan jabatan yang sama, bisa jadi Anda memang digaji sangat rendah

2. Website karier

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan informasi mengenai gaji. Coba cek apakah penghasilan Anda saat ini masih masuk rata-rata gaji yang sesuai dengan posisi Anda. 

Gunakan website yang memang terpercaya. Bila data yang muncul ternyata membuat Anda miris, mungkin sudah saatnya mencari pekerjaan baru.

3. Gaji habis sebelum akhir bulan

Alasan satu ini memang menjebak karena penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya pengelolaan keuangan yang kacau. Tapi, bila Anda sudah merasa berhemat dan menggunakan uang dengan hati-hati, bisa jadi masalahnya adalah penghasilan Anda sendiri yang terlalu kecil. 

Meskipun penghasilan yang diterima sesuai dengan rata-rata orang di posisi Anda, meningkatnya kebutuhan hidup tak pelak membuat penghasilan Anda itu menjadi kecil.

4. Tidak punya dana darurat

Dana darurat adalah keharusan bila ingin hidup dengan perencanaan keuangan. Sebab, bila ada kebutuhan uang mendadak seperti biaya berobat atau biaya perbaikan kendaraan, dana darurat bisa jadi solusi. 

Bila tidak punya dana darurat, biasanya orang mencari jalan keluar dengan berutang baik melalui kartu kredit bahkan rentenir. Nah, bila Anda tak punya sisa uang untuk ditabung dalam pos dana darurat, bisa jadi penghasilan Anda memang sudah terlalu kecil.

5. Tujuan finansial tidak tercapai

Setiap orang pasti punya tujuan finansial, baik itu membeli rumah, beli kendaraan atau bahkan melanjutkan pendidikan. Bila Anda merasa sudah bekerja keras selama bertahun-tahun namun penghasilan yang Anda tidak cukup untuk membantu Anda memenuhi sekian tujuan finansial, bisa jadi gaji Anda sekarang memang kelewat kecil. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya