Sinar Mas Land Beli Gedung di London Seharga Rp3,6 Triliun

Ilustrasi Sinar Mas Land.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Sinarmas Land Limited telah mengakuisisi perusahaan bernama Horseferry Property Limited, di mana perusahaan tersebut memiliki gedung 33 Horseferry Road (33HF), yang merupakan bangunan komersial premium terletak di  pusat kota London. 

Permintaan Hunian Segmen Premium Tinggi, Sinar Mas Land Luncurkan Trésor di BSD City

Adapun akuisisi ini berlangsung pada 29 Juni 2017 lalu, dengan nilai £188,6 juta, atau sekitar Rp3,6 triliun (kurs Rp17.300 per Poundsterling). 

33HF menempati lokasi startegis yang berada di jantung Victoria, salah satu kawasan komersial dan residensial utama di Central London. Kawasan Victoria berbatasan dengan St. James di wilayah utara, Belgravia di wilayah barat, Westminster di wilayah timur, dan sungai Thames di wilayah selatan. 

HAPIMART Ritel Asal Tiongkok Resmi Beroperasi di ITC Cempaka Mas

Secara historis, wilayah Victoria sebelumnya menjadi pusat pemerintahan, karena lokasinya yang berdekatan dengan gedung Parlemen, Downing Street, dan Whitehall. Dalam beberapa tahun terakhir, Victoria mengalami banyak perkembangan dari adanya berbagai pengembangan terbaik yang menjadikannya sebagai lokasi perkantoran, retail, rekreasi, dan residensial. 

Executive Director and Chief Financial Officer Sinarmas Land Limited, Ferdinand Sadeli dalam siaran pers hari ini, mengaku optimistis melihat prospek pasar properti komersial di London. Akuisisi gedung itu memberi kesempatan investasi yang menarik dan menjanjikan. 

Sinar Mas Land dan BNI Beri Kemudahan Konsumen Miliki Apartemen Premium Aerium Residence

"Di mana, gedung tersebut telah diisi oleh beberapa tenant terkemuka dan kesempatan untuk pengembangan area retail di lokasi Victoria yang terletak dekat dengan gedung parlemen. Akuisisi gedung ini, tentunya  akan memperkuat portofolio investasi Sinar Mas Land.” ujarnya, Senin 10 Juli 2017. 

Dengan area seluas 16,778 meter persegi, bangunan komersial ini terdiri dari perkantoran Grade A seluas 15.213 meter persegi dari lantai dasar bawah (lower ground), lantai dasar (ground), dan lima lantai di atasnya. Semua lantai perkantoran di bangunan ini dilengkapi oleh area utama, serta dua area pelengkap lainnya di sisi timur dan barat. 

Selain itu, pada lantai dasar 33HF memiliki retail space seluas 1.564 meter persegi, yang terbagi menjadi 10 unit yang semuanya langsung menghadap ke jalan Horseferry. Bangunan ini juga dilengkapi dengan 16 lahan parkir tertutup dan fasilitas tempat penyimpanan sepeda, saat ini total luas lahan yang dimiliki oleh Sinarmas Land Limeted adalah seluas 46 ribu meter pwesegi. 

"33HF merupakan peluang investasi yang langka karena seluruh ruang kantor saat ini telah disewa oleh Kementerian Transportasi Inggris kurang lebih selama 17 tahun," tambahnya. 

Selain itu, area retail gedung telah disewakan kepada sejumlah tenant terkemuka National Westminster Bank, Pret A Manger, William Hills, dan Starbucks. 

Sistem penyewaan di gedung tersebut dituangkan dalam perjanjian Full Repairing and Insuring Leases (FRI). Di mana para penyewa, atau tenant memiliki kewajiban untuk melakukan perbaikan dan mengasuransi ruangan yang disewa, sehingga mengurangi beban biaya pemilik gedung terhadap asuransi dan perbaikan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya