Begini Cara Jitu Kelola Gaji Dua Digit

Ilustrasi menerima gaji
Sumber :
  • menul.my.id

VIVA.co.id – Memiliki gaji dua digit, bisa dibilang lumayan besar. Namun, hal ini akan berbanding lurus dengan kebutuhan lainnya yang tak kalah besar jumlahnya. Lalu, bagaimana dengan Anda, apakah sudah mengelola dan mengalokasikan gaji tepat sasaran?

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Pada dasarnya, sebagian besar orang memang tidak memiliki kemampuan yang baik mengatur keuangan mereka. Jika terus berlangsung, bisa dipastikan keuangan kerap mengalami kendala dan juga berbagai masalah lainnya di masa depan.

Untuk itu, mulailah mengelola gaji dua digit Anda sejak sekarang, agar keuangan bisa berjalan baik dan berbagai rencana keuangan bisa tercapai dengan baik di masa yang akan datang.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Simak beberapa poin berikut ini, yang dapat dilakukan untuk mengelola gaji dua digit dengan efektif, seperti dikutip dari laman Cermati.com, Selasa 11 Juli 2017:

1. Susun anggaran yang tepat sejak awal

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Keuangan wajib dijalankan dengan anggaran yang jelas, ini adalah poin pertama yang harus diterapkan dalam sistem keuangan Anda. Anggaran keuangan yang tepat, akan membantu mencukupi semua kebutuhan, memenuhi semua kewajiban, dan mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang. 

Begitu penting manfaat yang akan diberikan sebuah anggaran, itulah mengapa Anda wajib memilikinya di dalam keuangan sejak awal.

2. Alokasikan gaji dengan porsi yang tepat

Anda gajian dan memiliki berbagai tagihan bulanan? Hal seperti ini juga dialami oleh hampir semua orang yang bekerja dan memiliki penghasilan, di mana sebagian besar gaji mereka akan habis untuk menutupi biaya dan tagihan bulanan saja. 

Untuk itu, sangat penting bagi Anda memiliki kemampuan yang baik mengalokasikan gaji ke pos-pos yang paling tepat dan tentunya dalam porsi yang juga tepat.

3. Sisihkan tabungan begitu gaji dicairkan

Tabungan adalah hal wajib yang harus dimiliki dalam anggaran keuangan, setidaknya jumlahnya minimal sebesar 10 persen dari gaji bulanan. Jangan ditunda, sebab tabungan ini memiliki banyak sekali manfaat di masa yang akan datang. 

Selalu sisihkan dana tabungan Anda, segera setelah gaji dicairkan. Jika terus lakukan ini dengan disiplin, Anda bisa terbantu dan menjadi lebih mudah dalam mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang.

4. Dahulukan semua kebutuhan pokok dan tagihan tetap

Setelah tabungan, maka kebutuhan pokok dan berbagai tagihan tetap lainnya adalah hal yang harus dipenuhi setiap kali gajian. Lakukan hal ini sesuai dengan anggaran keuangan yang telah disusun sebelumnya, sehingga Anda tidak akan melupakan berbagai tagihan dan kebutuhan pokok yang harus dibayarkan tersebut. 

Jika bisa memenuhi semua hal ini dengan baik sejak awal, kebutuhan dan tagihan selama sebulan penuh akan teratasi dengan baik.

5. Jangan lupa berinvestasi

Berapa pun jumlah gaji yang diterima, investasi adalah hal yang sangat penting dan wajib untuk diadakan di dalam keuangan. Investasi ini akan membantu untuk mencapai berbagai tujuan keuangan, termasuk mengamankan keuangan di masa yang akan datang. 

Selalu sisihkan dana investasi setiap bulannya dan segera lakukan kegiatan investasi pada instrumen yang dianggap paling tepat.

6. Lunasi semua utang

Jika memiliki utang, lakukan pelunasan dengan segera, agar keuangan tidak terbebani dengan hal tersebut. Jumlahkan semua utang, mulai yang terkecil hingga yang jumlahnya paling besar. 

Mulailah mencicil dan melunasinya satu persatu, sehingga utang-utang ini bisa dihapuskan dari pos pengeluaran dengan segera.

7. Miliki dana darurat

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat sejak sekarang, terutama jika Anda telah memiliki tanggungan. Dana darurat ini sangat penting, sebab dana ini yang bisa diandalkan jika sewaktu-waktu kehilangan penghasilan bulanan seperti akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Setidaknya, siapkan dana darurat sebesar 6-12 kali biaya bulanan.

8. Beli asuransi

Hal yang sangat penting dan tidak bisa dilupakan di dalam keuangan adalah asuransi. Pengadaan asuransi ini wajib untuk dilakukan, terutama jika Anda telah menikah dan memiliki tanggungan. 

Anda tentu tidak ingin direpotkan dengan sejumlah biaya kesehatan dan risiko keuangan keluarga di masa yang akan datang, bukan?

Perhitungkan setiap uang yang dikeluarkan

Meski punya gaji dua digit, tidak ada jaminan bahwa gaji tersebut bisa mencukupi semua kebutuhan dengan baik, terutama jika Anda memiliki riwayat keuangan yang buruk. 

Mulailah menata dan mengelola keuangan dengan efektif, sehingga gaji tersebut bisa memenuhi kebutuhan dan tujuan keuangan Anda di masa yang akan datang. Lakukan semua hal ini dengan perhitungan dan anggaran yang tepat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya