Trik Agar Tidak Kikuk di Tempat Kerja Baru

Ilustrasi pengusaha.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Tak sedikit karyawan yang pindah kerja setelah Lebaran. Maklum, di momen ini biasanya lowongan kerja meningkat. Nah, bagi Anda yang dalam waktu dekat akan pindah kerja ke kantor baru, biasanya tidak ingin kikuk di hari-hari pertama bekerja. 

Kesetaraan Gender Dalam Pekerjaan Bisa Bikin Untung Perusahaan

Maklum, Anda wajib menyesuaikan diri dengan suasana dan lingkungan serta rekan kerja baru. Bila Anda sukses berbaur di pekan pertama masuk kerja, kondisi kerja pun akan jadi nyaman. Sehingga, performa Anda di tempat yang baru jadi memuaskan. 

Nah, untuk membantu Anda, trik yang dikutip dari CekAja.com ini bisa diterapkan agar tak kikuk di tempat kerja baru.
 
1. Tunjukkan perilaku yang baik

Awas, Osteoarthritis Bisa Menyerang Pekerja Kantoran Berusia Muda

Usahakan untuk memperoleh kesan positif di hari pertama masuk kerja. Caranya dengan berperilaku wajar di pekan pertama Anda bekerja. Usahakan untuk selalu datang tepat waktu bahkan lebih awal dari jam kerja normal. 

Agar Anda terlihat segar dan menarik, istirahat cukup sehari sebelum masuk kerja. Bila Anda terlihat segar dan menarik, rekan kerja yang lain jadi tak malas untuk berkenalan dan bergaul dengan Anda.

Intip Bidang Pekerjaan Paling Cocok untuk Anda yang Baperan

2. Ajak teman kerja makan siang

Jam makan siang sebaiknya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dengan teman-teman di kantor baru. Ajak teman kerja setidaknya teman yang dekat dengan tempat duduk Anda untuk makan siang. 

Biasanya, di luar ruang kerja dengan kondisi dan suasana yang santai, Anda dan rekan kerja bisa lebih cepat mengenal satu sama lain.

3. Bawa makanan

Trik ini bisa membuat Anda dikenal lebih cepat. Biasanya, dengan membawa makanan, Anda akan dinilai sebagai orang yang baik dan tidak pelit. Sambil makan snack di jam istirahat, suasana akan jadi makin cair. 

Biasanya, saat ada makanan, teman-teman kerja akan datang berkumpul. Inilah momen yang tepat untuk mengenal lebih banyak lagi rekan kerja. Terlebih bila Anda tak diperkenalkan secara resmi oleh pihak HRD kepada rekan-rekan kerja secara keseluruhan.

4. Cari teman yang hobinya sama

Hobi akan menjadi bahan obrolan yang tiada habisnya. Diantara teman-teman baru di kantor, pasti ada saja yang memiliki hobi sama denganmu. 

Cari tahu siapa teman yang memiliki hobi sama sehingga kamu akan mendapatkan teman ngobrol yang asyik. Siapa tahu ternyata teman di sebelahmu punya hobi yang sama.

5. Cari tahu gaya berpakaian di kantor

Salah kostum saat hari pertama datang ke kantor baru akan membuatmu merasa tidak nyaman. Karena itu, sejak proses interview pertama kali, perhatikan baik-baik gaya berpakaian orang-orang di calon kantormu. 

Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan gambaran bagaimana kamu harus berpenampilan ketika mulai bekerja nanti.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya