IMF: Kebijakan Ekonomi Trump Tak Langsung Terasa di RI

Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Dana Moneter Internasional mengungkapkan, kebijakan ekonomi Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, tak langsung akan berdampak pada ekonomi Indonesia.

Dirut BRI Ungkap 2 Faktor yang Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi di 2023

Trump yang berlatar belakang pengusaha sukses, salah satunya di bidang properti, dilantik menjadi pimpinan negara adikuasa itu pada 20 Januari 2017. Trump dikenal kerap mengeluarkan kebijakan kontroversial, termasuk kebijakan di bidang ekonomi, seperti 'America First', hingga penarikan diri dari perjanjian dagang Trans-Pacific Partnership (TPP).

Menurut Deputi Direktur Pelaksana IMF, Mitsuhiro Furusawa, IMF belum bisa memprediksi secara pasti dampak langsung dari kebijakan ekonomi Trump yang kerap tidak dapat diduga-duga itu ke negara-negara anggotanya, termasuk Indonesia.

Sri Mulyani Ingatkan Risiko yang Intai Ekonomi Global, RI Siapkan Ini

"Dampak kebijakan pemerintahan Amerika Serikat yang baru terlalu dini untuk dibicarakan. Rincian kebijakan ekonominya tidak jelas, dampaknya belum jelas," ujar Furusawa di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis, 13 Juli 2017.

Meski demikian, Furusawa meyakini, sebagai negara yang memiliki pengaruh besar, kondisi pertumbuhan ekonomi AS di bawah kepemimpinan Trump tetap bisa memberi dampak terhadap negara-negara yang memiliki hubungan ekonomi dengannya.

Hadapi Krisis Global, Ekonomi RI Harus Kurangi Ketergantungan pada AS

"Kita harus melakukan banyak hal supaya keuntungan dari globalisasi dan perdagangan internasional itu bisa dinikmati semua orang dan pertumbuhan ekonomi AS itu memberi keuntungan juga kepada ekonomi global," ujar Furusawa.

Menteri BUMN, Erick Thohir menghadiri Pesta Rakyat Simpedes

Dukung UMKM Indonesia, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Dalam rangka mendukumg satu pilar perekonomian bangsa yakni UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023, pada Juli-September 2023.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023