Maskapai Rute Internasional Mulai Pindah ke Terminal 3

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura II menginformasikan bahwa maskapai dengan rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta, mulai bulan ini pindah secara bertahap pengoperasiannya ke Terminal 3.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Perpindahan operasional itu dilakukan oleh maskapai-maskapai yang tergabung di dalam aliansi global Skyteam. Antara lain, Saudi Arabian Airlines, Vietnam Airlines, Korea Airlines, dan Xiamen Airlines pada 30 Juli.
 
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, perpindahan maskapai dilakukan secara bertahap, di mana nantinya seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta akan dilayani melalui Terminal 3. 

"Kami yakin, Terminal 3 dapat meningkatkan citra dari maskapai, sehingga juga dapat menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.” ujar Awaluddin dikutip dari keterangan resminya, Jumat 14 Juli 2017. 

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

Dia optimistis, Terminal 3 yang merupakan terminal termegah dan termodern di Indonesia dapat menarik minat maskapai internasional untuk membuka rute baru ke Bandara Soekarno-Hatta. Apalagi, nantinya akan ada Skytrain serta akses kereta untuk dari dan menuju bandara tersebut. 

"Maka, Bandara Soekarno-Hatta akan sejajar dengan bandara-bandara berkelas dunia dan dapat menjadi bandara hub, guna lebih maksimal dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia,” tambahnya. 

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Adapun PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia yang diwujudkan diantaranya melalui kerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

Kerja sama  AP II – Kemenpar, antara lain pada layanan Tourist Information Center di Terminal 3, guna mempromosikan pariwisata Indonesia dan membantu wisatawan mancanegara dapat dengan mudah berkunjung ke lokasi-lokasi pariwisata di Indonesia.

Selain itu, kerja sama yang ada juga memungkinkan AP II menggunakan logo Wonderful Indonesia di bandara-bandara yang dikelola perusahaan dan mempromosikan lokasi wisata di kota-kota di mana terdapat bandara AP II.

Dalam waktu dekat, juga akan dibangun dua hotel di Terminal 3, serta satu hotel di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, guna memudahkan wisatawan menjangkau bandara.

“AP II mendukung target kunjungan wisman yang ditetapkan pemerintah, di mana pada tahun ini diperkirakan sebanyak empat juta wisatawan mancanegara akan melalui bandara-bandar yang dikelola AP II. Angka ini meningkat sekitar 600 ribu wisman dibandingkan dengan pada tahun 2016,” jelas Awaluddin.

Adapun sepanjang Semester I/2017 pergerakan penumpang internasional di 13 bandara AP II tercatat sebanyak 8,97 juta orang atau meningkat sekitar 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yaitu 7,78 juta orang.

Pergerakan penumpang internasional terbanyak tercatat di Bandara Soekarno-Hatta, yakni sebanyak 7,18 juta orang pada semester I 2017, atau naik dibandingkan semester I 2016 sebanyak 6,31 juta orang.

Sejalan dengan hal tersebut, lalu lintas pergerakan pesawat internasional di Bandara Soekarno-Hatta juga meningkat sekitar lima persen, atau dari 42.899 pergerakan pada semester I 2016 menjadi 44.908 pergerakan pada semester I 2017.

Ke depannya, lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk rute internasional akan semakin meningkat yang berujung pada pertumbuhan jumlah penumpang luar negeri, seiring dengan dibangunnya runway ketiga. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya