Istana Klaim Utang Rp3.000 Triliun Sebagian Besar Warisan 

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada para menterinya terkait utang negara yang menembus hingga Rp3.000 triliun lebih. Saat ia baru menjabat presiden, utang negara yang diserahkan telah mencapai Rp2.700 triliun.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan, dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Presiden Jokowi meminta masyarakat dijelaskan bahwa sebagian besar itu merupakan warisan pemerintah sebelumnya. 

"Tadi oleh Presiden dijelaskan bahwa ketika beliau menjadi presiden (Oktober 2014), utangnya itu sudah Rp2.700 triliun," jelas Pramono, usai sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin 24 Juli 2017.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Dijelaskan oleh Pramono, dengan warisan utang sebesar itu hingga tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi, maka penambahan utang negara, justru sangat kecil. Lebih kurang hanya berkisaran Rp1.000 triliun. 

"Untuk membayar utang saja setiap tahun itu Rp250 triliun. Jadi kalau tiga tahun tambah utangnya itu udah Rp750 triliun untuk bayar utangnya saja. Nah sekarang ini kisarannya ada Rp3.600-an triliun. Jadi sebenarnya utangnya kecil sekali pemerintah ini," jelas Pramono. 

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Penjelasan ini, menjawab kabar yang beredar kalau utang pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, membengkak. Persoalan utang ini juga, ramai dibicarakan di media sosial. 

Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024