Menteri Jonan: Freeport Sepakat Divestasi 51 Persen Saham

Menteri ESDM, Ignasius Jonan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan, mengungkapkan manajemen PT Freeport Indonesia dengan Pemerintah RI sepakat soal besaran divestasi saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat. Jumlahnya sebesar 51 persen, yang berarti sesuai dengan permintaan pemerintah. .

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

"Kalau 51 (persen) sudah sepakat. Tinggal nanti caranya segala macam. Ini mau nego final," kata Jonan di Istana Negara, Senin 21 Agustus 2017.

Negosiasi final itu, lanjut Jonan , akan dilakukan bulan Agustus ini juga. Karena ada beberapa hal yang akan dibahas.

Kuasai Saham Vale Indonesia, MIND ID Punya Peran Strategis Genjot Hilirisasi Tambang RI

"Freeport itu kan nanti rencananya bulan ini kita mau negosiasi final. Terutama yang di bidang perpajakan dan retribusi daerah. Tapi itu porsinya lebih ke Menteri Keuangan," jelas mantan Menteri Perhubungan itu.

Hal lain yang patut dirundingkan adalah PT Freeport harus membangun smelter. Jonan mengatakan, itu tidak ada persoalan. Hanya memang masalah pajak masih perlu dibahas dengan PT Freeport Indonesia itu.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Kalau soal divestasi, bangun smelter, saya kira sih prinsipnya sih sudah selesai, enggak ada apa-apa sih. Tinggal tunggu perpajakan saja," kata Jonan. (ren)

Tony Wenas, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Pemerintah Republik Indonesia ingin meningkatkan kepemilikan saham di PT Freeport Indonesia dari 51 persen menjadi 61 persen.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024