Waktu Bongkar Muat di Indonesia Masih Labil

Ilustrasi kapal kargo.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia menyatakan, waktu bongkar muat, alias dwelling Time di beberapa pelabuhan di Indonesia memang sudah mulai turun. Namun, penurunannya dinilai masih belum optimal atau belum mencapai target yaitu di bawah dua hari. 

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Panky Tri Firmansyah mengatakan, waktu bongkar muat di pelabuhan besar di Indonesia masih naik turun. Kendati demikian, Ia masih yakin waktu ini bisa lebih dipercepat untuk mengoptimalkan daya saing logistik nasional.

"Dwelling time itu kadang naik dan turun, tapi dalam posisi terendah pun tidak sampai dua hari, itu bahkan pada saat kondisi pelabuhan itu sepi," kata Panky di kantornya, Jumat 25 Agustus 2017. 

Ditanya Nelayan soal Program Tol Laut Jokowi, Anies Baswedan Jawab Itu Proyek Gagal

Ia mengatakan, program tol laut yang merupakan ujung tombak penurunan disparitas harga di daerah, perlu dukungan pengelolaan pelabuhan seperti dwelling time. Sehingga disparitas harga bisa ditekan secara maksimal.

"Kenyataannya, pada titilk spot yang kita ambil yang jauh dari pelabuhan itu disparitas masih ada. Itu makanya infrastruktur itu perlu, jadi ujung tombak itu harus ditarik dulu ke infrastruktur," katanya. 

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

Di satu sisi, ia juga menekankan pentingnya  pemerintah untuk meningkatkan pelayaran rakyat. Dengan kerja sama antara swasta dan pemerintah, Ia mengatakan, pelayaran di tanah air dapat terus didorong.

"Kenapa pelayaran rakyat perlu didorong, ini. Karena ada kesempatan, bahwa perusahaan besar banyak yang memasukkan ke distribusi itu ke pelayanan rakyat, pelayaran rakyat itu juga potensial, satu untuk menyerap tenaga kerja, juga mengurangi cost product," katanya.

Ilustrasi ekspor impor.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Bank Indonesia (BI) menilai surplusnya neraca perdagangan Indonesia pada Januari 2024 akan menopang ketahanan eksternal perekonomian RI ke depan.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024