Syarat Suku Bunga Kredit Bisa Turun

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – PT Bank Mandiri Tbk mengkaji beberapa faktor yang dibutuhkan untuk menurunkan suku bunga kredit yang telah ditetapkan. Salah satunya keputusan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunga 7-Day Repo Rate dari 4,75 persen menjadi 4,5 persen. 

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Tardi, mengungkapkan, selain kebijakan BI tersebut, suku bunga kredit bisa diturunkan apabila cost of fund, atau biaya yang harus dikeluarkan oleh bank untuk setiap dana yang berhasil dihimpun, bisa stabil beberapa bulan ke depan. 

"Kita lihat 3-6 bulan mendatang kalau cost of fund bisa stabil dan turun di sisi asetnya, suku bunga kredit bisa turun," ucap dia di Lombok, Sabtu 26 Agustus 2017.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Tardi mengklaim, selama ini suku bunga kredit yang ditetapkan sudah cukup kompetitif. Meski demikian, masih ada kemungkinan bunga kredit bisa diturunkan jika faktor-faktor itu bisa terpenuhi. 

"Kami akan coba turunkan (bunga kredit) juga. Biasanya suku bunga dari liabilities berpengaruh ke aset butuh waktu 3-6 bulan," ujarnya.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan
Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022