Selasa, Pemerintah Putuskan Soal Kontrak PT Freeport?

Menteri ESDM, Ignasius Jonan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Pertemuan tertutup digelar di Istana Kepresidenan. Pertemuan itu berlangsung lebih dari satu jam. Rapat tertutup dengan Presiden Joko Widodo itu dihadiri oleh para menteri, yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Sri Mulyani dan Luhut, bahkan kembali lagi ke Istana, setelah beberapa saat sempat meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan. Rapat tersebut berlangsung tertutup dan di luar agenda resmi Presiden Jokowi. Meski begitu, tak jelas apa yang dibicarakan termasuk apakah soal putusan kontrak PT Freeport Indonesia.

Sekitar pukul 18.45 WIB, para menteri tersebut keluar. Baik Darmin, Luhut, Rini hingga Sri Mulyani, tidak ada yang memberi keterangan. Mereka bergegas menuju kendaraan dinas masing-masing, dan pergi meninggalkan Istana.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

Sementara itu, Jonan, yang disinggung apakah pertemuan terkait akan dilakukannya negosiasi dengan CEO Freeport Richard Adkerson, juga tidak memberi keterangan rinci.

"Besok (Selasa 29 Agustus 2017) diundang jam 10.00," singkat Jonan dan langsung bergegas masuk mobilnya.

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Tidak dijelaskan secara rinci, apakah pertemuan dilakukan Selasa besok atau Jonan akan memberi keterangan pers.

Namun, sebelumnya Jonan sempat memberi pernyataan bahwa PT Freeport sudah sepakat dengan divestasi 51 persen sahamnya, yang berarti sesuai dengan permintaan pemerintah. "Kalau 51 (persen) sudah sepakat. Tinggal nanti caranya segala macam. Ini mau nego final," kata Jonan di Istana Negara, Senin 21 Agustus 2017.

Negosiasi final itu, lanjut Jonan, akan dilakukan bulan Agustus ini juga. Karena, ada beberapa hal yang akan dibahas.

"Freeport itu kan nanti rencananya bulan ini kita mau negosiasi final. Terutama, yang di bidang perpajakan dan retribusi daerah. Tapi itu porsinya lebih ke Menteri Keuangan," jelas mantan Menteri Perhubungan itu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya