Pintu Masuk Barat Jawa, Pelabuhan Cilegon Mulai Dibangun

Menhub Budi Karya Groundbreaking pelabuhan Wanasari di Kota Cilegon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA.co.id – Pelabuhan Warnasari di Kota Cilegon resmi memulai pembangunan tahap satu. Peletakan batu pertama pembangunan pelabuhan dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Cara Kemenhub Tingkatkan Kualitas SDM Inaportnet di Pelabuhan

"Hari ini kita memang membangun sisi daratnya, tapi harus membangun optimismenya. Di mana, Pak Wali Kota (Cilegon) dan Pak Dirut (PT Pelabuhan Cilegon Mandiri) telah mendapatkan klien, ini merupakan sisi marketing yang baik," kata Budi Karya, dalam sambutannya, Rabu 30 Agustus 2017.

Pelabuhan Warnasari dikerjakan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri selaku BUMD Kota Cilegon bersama PT Bosowa Bandar Indonesia yang membuat perusahaan joint venture bernama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri Bosowa Warnasari. Sementara itu, pelabuhan tersebut akan dioperasikan oleh PT Pelindo II.

TUKS Bukit Asam di Pelabuhan Tarahan Resmi Terapkan Inaportnet

Budi pun meminta Pemkot Cilegon yang baru mengurus izin pembangunan darat, segera menyelesaikan perizinan pembangunan di wilayah lautnya.

Hal ini berguna agar pembangunan pelabuhan yang telah digagas sejak 2001 itu tepat waktu penyelesaian pengerjaannya yaitu pada 2019. Karena, Banten merupakan pintu masuk ke Ibu Kota Jakarta.

13 Kapal Nelayan di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

"Sehingga sisi pelabuhan harus dimaksimalkan dengan baik. Wisata, kegiatan industri, dan masyarakat bisa menjadi lebih baik. Saya meminta agar Pak Wali Kota Cilegon menyelesaikan perizinan sisi laut," ujarnya.

Presiden Joko Widodo lepas ekspor mobil Toyota.

Jokowi Pantau Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban Hari Ini

Pelabuhan Patimban mulai melakukan ekspor kendaraan pada 17 Desember 2021. Presiden Jokowi memastikan kegiatan itu berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022