Toyota Jadi Investor Baru Grab

Suasana kantor Grab di Singapura.
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id – Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp, melalui Toyota Tsusho Corp, menjadi investor baru yang membiayai perusahaan penyedia transportasi online, Grab. Total pembiayaan investasi yang masuk di startup e-commerce itu diperkirakan mencapai US$2,5 miliar.  

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Penggalangan dana yang dilakukan dipimpin oleh investor China, Didi Chuxing dan SoftBank Group Corp dari Jepang. Toyota disebut-sebut menjadi investor yang memiliki kepentingan terbesar dalam penggalangan dana Grab tersebut. 

Dilansir dari Business Insider, Rabu 30 Agustus 2017, investasi tersebut merupakan yang terbaru dalam perkembangan pembiayaan startup Asia Tenggara. Karena, perusahaan besar mencari pertumbuhan bisnis di negara-negara berkembang besar di kawasan ini, dengan demografi penduduk muda yang akrab dengan teknologi. 

Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

Toyota Motor pun mengatakan, akan memasang perangkat perekam mengemudi di kendaraan yang dioperasikan oleh Grab yang berbasis di Singapura. Hal tersebut akan dilakukan pada 100 mobil sewaan Grab dalam waktu dekat. 

Alat itu memungkinkan perusahaan untuk menganalisis pola berkendara serta menawarkan akses yang lebih baik untuk meningkatkan layanan yang diberikan. 

Viral Perkelahian Ojol di Medan, Grab: Bukan Gara-gara Berebut Baterai Motor Listrik

Sebagai informasi, Didi dan SoftBank diketahui sudah menjadi investor di Grab dan layanan penyewaan lainnya di seluruh dunia. Pada Juli lalu, Grab mengatakan bahwa pasangan tersebut akan menambahkan US$2 miliar. Sementara itu, sisanya US$500 juta akan berasal dari orang lain. 

Dengan penggalangan dana hingga US$2,5 miliar itu, total kapitalisasi perusahaan Grab akan menjadi US$6 miliar. 

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024