Belajar dari Korea, Indonesia Jangan Hanya Jadi Fans

Sone, fans SNSD di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ichsan Suhendra

VIVA.co.id – Direktur Pemasaran Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Boni Pudjianto, mengatakan, Indonesia sebaiknya bisa meniru cara Korea dalam menguatkan sektor ekonomi negara. Menurutnya, Korea merupakan salah satu negara yang berani mengombinasikan seluruh aspek industri kreatifnya untuk diperkenalkan kepada dunia.

Drama Thirty-Nine Gak Tayang Minggu Depan, Ini Alasannya

"Indonesia harus bisa mencontoh Korea soal kreativitas yang membangun. Jadi, kreativitas itu muncul dari berbagai aspek, seperti digital, aplikasi, game, animasi, dan sebagainya. Bisa juga berupa karya seni berbentuk karakter, karakter itu bisa jadi komik, film, animasi, buku, game, dan segala macam. Korea bisa mengkombinasikan seluruh kekuatan ini menjadi kekuatan ekonomi negaranya," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 2 September 2017.

Ia menambahkan, pemerintah Indonesia harus bisa mendorong anak-anak muda agar semakin kreatif dalam menciptakan berbagai penemuan, yang akhirnya bisa menjadi kekuatan ekonomi kreatif bangsa. Dengan semakin menjamurnya pecinta budaya negeri gingseng di Indonesia, Boni menegaskan agar muda-mudi Indonesia tidak hanya menjadi fans garis keras saja, tapi juga menjadi penghasil karya.

10 Drama Korea Bikin Nangis, Siapin Tisu Kalau Mau Nonton

"Anak-anak muda begitu tertarik dengan K-Pop. Bayangkan saja, K-Pop itu tadinya hanya musik loh, tapi sekarang bisa menjadi penggerak ekonomi Korea. Begitu juga film dan serial dramanya. Korea itu, dengan memanfaatkan kekuatan medianya, seperti drama dan film, mampu mendatangkan daya tarik di sektor pariwisata maupun industri konten," ucap Boni.

Ia melanjutkan, "Oleh sebab itu, Indonesia harus mampu menggerakkan ekonomi kreatifnya untuk men-drive masa depan berbasis kreativitas dan inovasi. Jangan hanya menjadi fans, tapi ke depannya menjadi penghasil karyanya. Indonesia banyak kok yang bisa di-drive, budaya daerah semisal. Ini bisa ditularkan kepada anak-anak muda kita."

Sinopsis Business Proposal, Drama Terbaru Ahn Hyo Seop

Hari ini, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia menghelat pameran bertajuk K-Content Expo 2017. Pameran ini merupakan pameran industri konten kreatif Korea yang menghadirkan lebih dari 40 perusahaan konten kreatif Korea sebagai eksibitor, terdiri dari K-Pop, TV Content, Game, Animation & Character, Comic, dan Beauty.

Di tiap pavilion konten, pengunjung akan disuguhkan dengan pengetahuan dan pengalaman menyenangkan melalui berbagai game, Virtual Reality, dan demo produk. Tak hanya itu, bagi pelaku konten kreatif, K-Content Expo dapat menjadi platform untuk melebarkan bisnis dan jaringan.

Kim Ha Neul dan Kim Sung Ryung

Sempat Ditunda, Ini Sinopsis Kill Heel yang Tayang Malam Ini

 Drama Kill Heel yang sempat tertunda penayangan pada Februari 2022 lalu, akhirnya akan resmi tayang malam ini, 9 Maret 2022

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022