Petani Bawang di Kaki Gunung Rinjani Dapat Fasilitas KUR

Menteri Rini Soemarno saat panen bawang di Sembalun.
Sumber :
  • Dok.BNI

VIVA.co.id – PT Bank Negara Indonesia Tbk menyalurkan kredit usaha rakyat khusus untuk membantu para petani bawang putih di daerah Sembalun, Nusa Tenggara Barat. KUR tersebut diakui akan membantu petani bawang memenuhi kebutuhan dalam meningkatkan produktivitas perkebunan bawang.

Investasi Digital Makin Populer, BNI Targetkan Investor Milenial

Penyaluran KUR tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, dan Sekretaris Perusahaan BNI Kiryanto serta disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada Jumat 1 September 2017.
         
Menurut Kiryanto, jumlah petani bawang di kawasan kaki Gunung Rinjani tersebut mencapai 4.000 petani. Penyaluran KUR BNI ini merupakan langkah awal dalam penyaluran kredit kepada petani bawang secara lebih luas di kawasan Sembalun. Penyaluran KUR tersebut diperuntukkan bagi petani bawang yang mengelola lahan dan membutuhkan modal kerja.

“Dana KUR itu dapat digunakan petani bawang untuk menutupi biaya pengolahan lahan, pembelian pupuk, hingga pembelian obat-obatan guna meningkatkan produktivitas perkebunan bawang mereka,” ujar Kiryanto dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 4 September 2017.

BNI Gelar Konser Musik Spektakuler di Acara MotoGP Mandalika

Ia menuturkan, KUR ini diharapkan dapat menurunkan beban petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Sebab, pengelolaan satu hektare lahan di kawasan Sembalun tercatat membutuhkan modal sekitar Rp120 juta.

Sementara itu, di saat penyaluran KUR, Menteri BUMN Rini Soemarno berbincang dengan Samirih yang merupakan salah satu dari 50 ribu Agen46 BNI di seluruh Indonesia.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Sebagai Agen46 BNI, Samirih, melayani masyarakat Sembalun Bumbung dan sekitarnya untuk bertransaksi perbankan. Samirih juga merupakan salah satu petugas pendamping (PPL) petani di Desa Sembalun Bumbung.

Agen46 merupakan salah satu bentuk komitmen BNI dalam mendukung program literasi keuangan dan juga memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat pedesaan dan perkotaan.

Adapun produk tabungan yang juga dikembangkan dan dapat dibuka di Agen46 antara lain adalah BNI Pandai dan BNI Simpanan Pelajar. Saat ini, pemilik rekeningnya sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, di mana BNI Pandai sudah mencapai lebih dari 1,8 juta rekening dan rekening BNI Simpanan Pelajar sudah dimiliki oleh lebih dari 293 ribu pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA/ sederajat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya