Soal Freeport, Jokowi: Masak Diberi 9 Persen Diam Saja

PT Freeport Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVA.co.id – Setelah melalui perundingan yang lama dan alot, akhirnya PT Freeport Indonesia menyetujui divestasi sahamnya sebesar 51 persen. Sebelumnya Indonesia hanya mendapat jatah 9 persen dari perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Kemudian Freeport berapa tahun kita, masak diberi 9 persen diam saja," ujar Presiden Jokowi saat membuka Rakernas III relawan Pro Jokowi atau Projo di Britama Sport Mall, Kelapa Gading Jakarta Utara, Senin 4 September 2017.

Untuk mendapatkan hak saham 51 persen itu, Jokowi menegaskan bukan hasil kerja yang gampang.
  
Proses negosiasi, kata dia, sudah dilakukan oleh pemerintah sejak dua tahun lebih. Pemerintah tidak ingin kalah dalam bernegosiasi yang menyebabkan perundingan memakan waktu yang cukup lama.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Ini negosiasi 2,5 tahun, bukan enam bulan. Memang alot. Kalau negosiasi enggak ngotot, dapatnya 9 persen lagi," ujar Jokowi. 

Jokowi juga mencontohkan Blok Mahakam yang sebelumnya dikuasai oleh investor Prancis dan Jepang. Namun kini, sudah 100 persen milik Indonesia dan diserahkan sepenuhnya pengelolaannya kepada Pertamina. 

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Mayoritas saham harus dimiliki Indonesia.  Masak 1 persen aja enggak diberi. Ya yang Mahakam itu diam aja bertahun-tahun. Projo juga diam aja," kata Presiden.

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024