Cadangan Devisa Agustus 2017 Kembali Catat Rekor

Ilustrasi dolar Amerika Serikat
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA.co.id – Cadangan devisa Indonesia pada Agustus 2017 tercatat US$128,8 miliar atau lebih tinggi dibandingkan posisi akhir Juli 2017 yang hanya US$127,8 miliar. Posisi cadangan devisa pada periode tersebut terus mencatatkan sejarah tertinggi.

Cadangan Devisa RI di Akhir 2023 Naik Jadi US$146,4 Didorong Pinjaman Luar Negeri

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman. mengungkapkan, peningkatan cadangan devisa pada periode tersebut dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah.

"Hasil lelang SBBI (surat berharga BI) valuta asing juga ikut dorong peningkatan devisa," kata Agusman, dikutip melalui keterangan resmi, di Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Cadangan Devisa RI Naik ke US$138,1 Miliar di November 2023, Ini Penyebabnya

Bank sentral menyatakan, penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo.

Posisi cadangan devisa pada akhir Agustus 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

IHSG Diprediksi Cenderung Melemah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

"BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," ujarnya. (art)

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)

Investor Cermati Data Cadangan Devisa hingga Rilis Kinerja Emiten, IHSG Diproyeksi Menguat

Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 24 poin atau 0,33 Persen di level 7.398, pada pembukaan perdagangan hari ini.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024