Ingin Tinggal di Apartemen, 10 Biaya Ini Wajib Diketahui

Proyek pembangunan apartemen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Harga hunian yang semakin mahal untuk jenis rumah tapak yang tidak jauh dari pusat kota, mendorong kemunculan alternatif hunian yang lebih terjangkau. Apartemen yang ditawarkan dengan konsep terintegrasi sistem transportasi publik, akhir-akhir ini pun banyak dilirik orang.

Jasad Pria Paruh Baya Buat Geger Apartemen di Tebet, Polisi Ungkap Penyebab Kematiannya

Tinggal di apartemen selain citra kepraktisan, juga karena harga apartemen masih memungkinkan untuk lokasi yang tidak terlalu pinggiran. Namun, walau lebih terjangkau dan terkesan lebih praktis, tinggal di apartemen memiliki banyak perbedaan yang besar dengan rumah tapak. Terutama dari beban biaya.

Ada 10 jenis biaya yang perlu Anda ketahui bila Anda berniat membeli dan tinggal di apartemen. Anda perlu menimbang biaya-biaya ini, supaya keputusan pembelian apartemen yang Anda buat tidak melahirkan penyesalan di kemudian hari.

Wow, Pegawai ASN yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Satu Unit Apartemen Layak Huni

Berikut ini, 10 jenis biaya apartemen yang perlu Anda ketahui seperti di kutip dari HaloMoney.co.id, Sabtu 9 September 2017:

1. Biaya provisi

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Biaya provisi harus Anda bayarkan hanya bila Anda memakai fasilitas kredit pembelian apartemen (KPA). Biasanya besar biaya provisi mencapai 1 persen dari harga apartemen.

2. Biaya pajak pertambahan nilai

Jual beli obyek properti akan selalu dibebani oleh pajak. Untuk properti apartemen dengan harga di atas Rp 40-an juta, akan terkena pajak pertambahan nilai sekitar 10 persen.

3. Bea perolehan harga tanah dan bangunan (BPHTB)

Jenis biaya ini dikenakan pada semua transaksi perolehan apartemen baik baru atau bekas. Beban BPHTB adalah 5 persen dari harga apartemen dikurangi Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP). Besar NJOPTKP ini berbeda-beda sesuai daerah.

4. Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM)

Beban pajak ini dikenakan bila unit apartemen yang Anda beli harganya di atas Rp2 miliar per unit, karena termasuk barang mewah. Tarif PPnBM sekitar 20 persen dari harga jual apartemen.

5. Biaya Akta Jual Beli, Pertelaan dan Bea Balik Nama (BBN)

Jenis biaya ini biasanya dijadikan satu paket dan dibebankan untuk transaksi jual beli apartemen. Besarnya mencapai 1 persen dari harga jual apartemen.

6. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Pemilik properti jenis apa saja, apakah tanah atau bangunan, dibebani oleh pajak oleh negara yang harus dibayarkan setiap tahun.

Biasanya tagihan pajak akan dilayangkan melalui Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dan harus dibayarkan paling lambat enam bulan sejak SPPT diterbitkan. Untuk apartemen, PBB akan menimbang luas unit apartemen.

7. Biaya servis (service charge)

Bila Anda tinggal di apartemen, maka Anda perlu menyiapkan anggaran untuk membayar biaya servis dan perawatan. Biaya servis mencakup biaya kebersihan, keamanan, perawatan gedung dan fasilitas lain.

Besar biaya tergantung pada kebijakan masing-masing apartemen. Biasanya biaya servis dikenakan tiap bulan atau tiap kuartal, walau ada juga yang tahunan. Besar biaya juga dipengaruhi oleh luas unit apartemen.

8. Biaya utilitas

Ini adalah kelompok biaya seperti biaya listrik, air, TV kabel dan internet. Perlu Anda ketahui, biaya listrik di apartemen bisa lebih mahal 20-30 persen bila dibandingkan dengan tarif listrik di perumahan atau rumah tapak biasa.

Pasalnya, PLN biasanya mengubah pasokan listrik tegangan rendah menjadi menengah untuk apartemen. Biaya utilitas ini biasanya harus dibayarkan tiap bulan.

9. Biaya parkir

Setiap pemilik unit apartemen umumnya memiliki jatah parkir gratis di gedung apartemen tersebut. Namun, biasanya jumlah mobil yang dibatasi hanya satu unit mobil yang berhak parkir gratis.

Ada pula apartemen yang tidak memberikan jatah parkir gratis pada penghuni. Sehingga, pemilik unit perlu menyisihkan dana untuk biaya parkir dengan besar beragam tiap bulan.

10. Biaya renovasi

Bila pemilik unit apartemen hendak merenovasi bangunan unitnya, biasanya manajemen gedung apartemen mengenakan biaya renovasi dengan besar beragam untuk berbagai jenis tindakan renovasi.

Misalnya, renovasi berat dengan renovasi ringan akan berbeda pula tarifnya. Anda perlu mengetahui perincian biaya ini agar tidak kaget ketika suatu saat merenovasi unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya