BI Diperkirakan Tidak Utak-atik Suku Bunga Acuan 4,5 Persen

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id – Rapat bulanan Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini diperkirakan tidak mengubah tingkat suku bunga acuan 7 Day Reverse Repo Rate, yang kini di level 4,5 persen. Ada beberapa alasan yang diyakini menjadi pertimbangan bank sentral untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Pertimbangan pertama adalah hasil rapat dewan kebijakan (Federal Open Market Committe) Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). Meskipun kemungkinan kenaikan tingkat suku bunga acuan bank sentral AS saat ini masih di bawah 50 persen, masih ada risiko bisa memicu sentimen negatif.

“Balance sheet The Fed ini paling cepat kuartal keempat, dan harus dikurangi karena cukup besar,” kata Ekonom PT Bank Permata, Josua Pardede, saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 22 September 2017.

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

Selain dari risiko global, otoritas moneter diyakini masih menunggu dampak dari keputusan memangkas 7 Day Reverse Repo Rate pada bulan lalu. Terlebih, transmisi kebijakan moneter melalui jalur suku bunga sampai saat ini belum menunjukkan berdampak signifikan terhadap penurunan suku bunga kredit.

“BI cenderung akan mempertahankan, sambil menunggu transmisi kebijakan moneternya. Karena sejauh ini masih flat, terlihat dari indeks uang beredar,” katanya.

Raih Predikat Bank Terbaik 2021, BTN Ungkap Target di Asia Tengaara

Pertumbuhan kredit hingga Juli tahun ini secara year on year hanya mampu tumbuh 7,9 persen. Rendahnya pertumbuhan kredit di pertengahan tahun, menjadi salah satu kekhawatiran bagi pemerintah, dalam upaya mengejar target pertumbuhan ekonomi yang dipatok 5,1 persen tahun ini. (ren)

Direktur Utara BTN Haru Koesmahargyo.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Sementara itu saldo dari nasabah BTN yang teregistrasi meningkat lebih dari 250 persen pada tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022