Cara Sukses Bisnis Sembako

Transaksi jual-beli beras di pasar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA.co.id – Sembako atau sembilan bahan pokok adalah kebutuhan utama sebagian besar masyarakat yang sebisa mungkin harus terpenuhi setiap harinya. Mendapatkan sembako cukup mudah karena banyak dijual di pasar tradisional ataupun pasar modern di sekitar tempat tinggal. 

Wanita Bisa Lebih Berdaya Secara Finansial dengan Tetap Berada di Rumah

Tingginya permintaan sembako membuat sebagian orang melihat adanya potensi keuntungan di balik bisnis sembako. Peluang bisnis sembako ternyata memang menguntungkan. Sebab sembako akan selalu dibutuhkan setiap orang. 

Bisnis sembako ini juga bahkan bisa dimulai di rumah sendiri jika memang belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat. Anda bisa sukses bisnis sembako jika mengetahui beberapa tipsnya.

Satgas Pangan Sidak Harga Sembako di Pasar Gunung Agung Denpasar

Bagaimana cara agar bisnis sembako menghasilkan untung? Berikut ini ulasannya dari Cermati.com.

1. Lokasi yang bagus memaksimalkan untung

Daftar Harga Pangan 12 April 2023: Daging hingga Cabai Turun

Seperti jenis bisnis lainnya, bisnis sembako juga harus dimulai dengan mencari lokasi atau tempat yang bagus untuk dijadikan sebagai membuka bisnis sembako. Tidak sulit untuk mencari lokasinya. 

Anda hanya perlu memastikan bahwa lokasi tersebut dilalui banyak orang. Selain itu, usahakan lokasinya ini tidak terlalu jauh ke pelosok atau sulit dijangkau. Sebab orang-orang bisa jadi akan malas untuk belanja di tempat Anda.

2. Dapatkan pemasok yang pas

Mencari pemasok akan berkaitan dengan harga kebutuhan pokok yang akan dijual. Sangat perlu untuk memilih pemasok yang pas, yang menjual sembako dengan harga yang lebih murah, tetapi berkualitas. 

Dengan begitu, ketika menjualnya nanti, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pastikan juga sembako yang Anda jual tidak terlalu mahal untuk pelanggan.

3. Buat penawaran menarik lewat promo atau diskon

Konsumen akan lebih semangat berbelanja jika mendapati adanya promo atau diskon yang menarik. Tidak ada salahnya memberikan diskon pada bulan-bulan tertentu untuk sembako yang dijual. 

Diskon ini bisa dimulai dari 10-15 persen, misalnya untuk setiap pembelian beras minimal 5 kg. Diskon juga bisa diberlakukan untuk setiap pembelian telur dan bahan pokok lainnya.

4. Jasa pengiriman tanpa dikenakan biaya

Jika nanti bisnis sembako sudah semakin besar, tidak ada salahnya untuk semakin memuaskan pelanggan dengan jasa pengiriman gratis. Terkadang pelanggan Anda mungkin ingin berbelanja banyak. 

Namun, ia merasa kerepotan kalau harus berbelanja sendiri. Di sinilah Anda bisa menyuguhkan jasa pengiriman cuma-cuma alias tidak dikenakan biaya. Pastikan pelanggan Anda berbelanja minimal beberapa bahan pokok supaya bisa menggunakan jasa pengiriman ini.

Ciptakan promo

Selalu ciptakan promo yang menarik untuk para pelanggan supaya mereka tidak bosan dan tidak berpindah ke pesaing. Kebutuhan pokok akan selalu dibutuhkan mereka.

Dengan demikian, kalau sedang ada diskon, mereka bisa membeli lebih banyak dan Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya