Kalstar Berhenti Operasi, Menhub: Keuangannya Sudah Negatif

Pesawat Kalstar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aceng Mukaram

VIVA.co.id – Maskapai Kalstar Aviation hari ini resmi tidak lagi melakukan operasi penerbangan untuk sementara waktu.

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan, alasan penghentian pengoperasian dikarenakan maskapai yang beroperasi di Kalimantan itu mengalami kendala finansial.

"Karena dia secara finansial itu sudah negatif, maka kami minta untuk dihentikan sementara," ujar menhub di gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Sabtu 30 September 2017.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

Budi melanjutkan, apabila permasalahan itu sudah bisa ditindaklanjuti, Kemenhub akan mengembalikan izin terbang tersebut. Karena, menurut Budi, urusan finansial dalam sebuah maskapai penerbangan adalah hal yang krusial.

"Nanti kalau mereka (Kalstar) bisa recover, kami akan audit, baru kasih kesempatan untuk terbang lagi. Karena kalau keuangannya negatif, ini bahaya untuk penerbangan. Secara finansial, mereka harus ditutup," ucapnya.

Maskapai Israel Setop Penerbangan ke Afsel Usai Seret Kasus Genosida ke ICJ

Operasi penerbangan Kalstar Aviation mulai diberhentikan untuk sementara pada hari ini, tepat pukul 00.00 WIB, setelah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menetapkan untuk 'memvakumkan' maskapai itu.

Meski demikian, Kalstar masih memulai operasi penerbangan ke beberapa rute wilayah yang ada di Tanah Air pada 29 September 2017. Rute tersebut di antaranya, Surabaya tujuan Pangkalan Bun, Pangkalan Bun tujuan Ketapang, Ketapang tujuan Pontianak, dan Samarinda tujuan Berau.

Pesawat Batik Air

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

KNKT membeberkan kronologi pilot dan kopilot maskapai Batik Air yang tertidur saat menerbangkan pesawatnya. Namun, beruntung pesawatnya mendarat dengan selamat di Soetta.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024