Pekerjaan Ini Punya Peran Strategis Datangkan Investor

Para pekerja sibuk di suatu lokasi proyek infrastruktur di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Garry Lotulung

VIVA.co.id – Konsultan memiliki peran yang strategis dalam menentukan datangnya investor. Hal ini mengingat konsultan merupakan orang pertama yang dimintai pertimbangan sebelum investor melakukan investasi di suatu negara.

Perusahaan Konstruksi Terbesar Asal Kazakhstan Jajaki Minat Investasi di IKN

Ketua Ikatan Nasional Konsultan Indonesia, Nugroho Pudji Rahardjo mengatakan, sangat mendukung kehadiran investor asing masuk ke Indonesia.

Menurutnya, kedatangan investor asing sejalan dengan pembangunan berbagai infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah.

Luhut: Dulu Mobil di Indonesia Dikuasai Jepang, Sekarang Kita Buka Brand Mana Aja

Nugroho mengatakan, peran konsultan semakin penting sejalan dengan semakin besarnya investor dari kalangan swasta sebagai sumber pendanaan dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur.

"Dapat dikatakan kalau ini corong yang bagus, karena kami (konsultan) akan memberikan masukan. Enggak ada investor di dunia mau datang berinvestasi tanpa pertimbangan konsultan," kata Nugroho, dalam keterangannya, Kamis, 5 Oktober 2017.

Denny JA Beberkan 5 Alasan Jadi Konsultan Politik Prabowo di Pilpres 2024

Pemerintah menyediakan sekitar 40 persen pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan berbagai infrastruktur. Sementara itu, sisanya berasal dari badan usaha milik negara dan swasta, lokal maupun asing.

Nugroho menambahkan, investor swasta akan memerlukan bantuan konsultan, baik individu maupun kelembagaan, untuk memberikan pertimbangan dan memfasilitasi mereka dalam kegiatan dan proses investasi yang dilakukan.

 Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga.

Bidik Emas PON 2024, PSSI Sumut Tunjuk Indra Sjafri Jadi Konsultan Tim Sepakbola

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Utara menunjuk Indra Sjafri sebagai konsultan tim sepakbola Sumut yang akan berlaga di PON 2024 Aceh-Sumut.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024