Presiden Jokowi Usul Buat Showroom Virtual

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pelaku usaha memahami bahwa ada pergeseran dari pasar offline menuju online. Tapi perkembangan teknologi online juga jangan sampai melupakan aktivitas ekspor.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Perubahan digital sudah tidak bisa dilawan, dan harus dirangkul untuk meningkatkan perdagangan kita. Contoh, kita kenapa tidak buat virtual showroom, jadi interaksinya bisa langsung tanpa harus menunggu expo," jelas Presiden Jokowi, saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 tahun 2017, di Nusantara Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kota Tangerang, Banten, Rabu 11 Oktober 2017.

Jokowi meminta, agar semua pihak terbuka mengenai kendala. Agar pemerintah segera berbenah dan memperbaikinya.

Trade Expo Indonesia 2021, Belanda Beli Pakan Burung dari RI

"Dan silahkan menyampaikan terbuka saja apa yang harus kita perbaiki dan benahi," kata Jokowi.

Kepala Negara mengingatkan, agar tidak melupakan kualitas produksi barang yang diekspor. Sebab itu menjadi perhatian dari konsumen. Apakah barang sesuai pesanan, sesuai budget dan kompetitif.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pengiriman yang tepat waktu, lanjut Presiden, juga menjadi kunci. Maka perlu diperhatikan ketepatan waktu tersebut.

"Untuk itu saya minta kementerian terkait agar cari solusi atas persoalan bahan baku dan hambatan di jalur logistik," kata Presiden.

Presiden Jokowi kembali mengingatkan terutama Kementerian Perdagangan, agar melihat potensi pasar baru seperti di kawasan Afrika. Ini perlu dilakukan, agar Indonesia menjadi negara yang bisa merespon dengan cepat kebutuhan di wilayah baru itu.

"Kawasan Afrika, Eurasia, Timur Tengah, Asia Selatan, termasuk Turki dan Vietnam. Lihat kebutuhan mereka yang belum dipenuhi, dan munculkan industri baru kita di Indonesia. Ini  harus cepat sebelum didahului negara lain," katanya. (ren) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya