Harga Cabai dan Bawang Turun, Menko Darmin Cemas

Cabai.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku khawatir dengan pergerakan harga sejumlah komoditas pangan strategis yang di bawah harga normal. Hal tersebut bisa melemahkan perekonomian RI.

Daftar Harga Pangan 16 Januari 2024: Beras hingga Daging Naik

“Harga cabai rawit, bawang, agak jatuh,” kata Darmin usai meresmikan lobi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Darmin menilai, kondisi harga komoditas pangan yang rendah berbanding terbalik dengan tahun lalu. Pada tahun lalu, harga cabai rawit dan bawang menjadi salah satu komoditas yang cukup memberikan pengaruh terhadap pergerakan indeks harga konsumen.

Heboh Isu Harga Cabai Rawit Tembus Rp 450.000 per Kg, Bapanas Angkat Bicara

Padahal, menurutnya, pasokan dua komoditas tersebut dalam beberapa bulan terakhir cukup memadai. Maka dari itu, mantan Gubernur Bank Indonesia itu menegaskan akan memanggil menteri teknis, untuk mendapat kejelasan mengenai hal itu.

“Saya coba undang menteri teknis terkait harga cabai dan bawang yang agak jatuh. Musimnya bagus,” kata Darmin.

Meroket! Harga Cabai Rawit Tembus Rp 120.000 per Kg di Pasar Grogol

Sementara itu, terkait dengan laju inflasi hingga akhir tahun, pemerintah memperkirakan bisa berada rentang 3,7-3,8 persen secara year on year. Angka tersebut, masih sejalan dengan target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2017 sebesar empat persen.

“Artinya cukup baik, makin jelas bergerak di bawah empat persen,” kata mantan Direktur Jenderal Pajak itu. (one)

Presiden Jokowi Tinjau Komoditas Pangan di Pasar. (Foto ilustrasi)

Tinjau Pasar Kota Wonogiri, Jokowi: Harga Bagus, yang Agak Naik Beras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah pada Kamis, 1 Februari 2024. Menurut dia, harga bahan pokok di pasar tersebut terbilang bagus.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2024