VIVO Jual BBM RON 89 Lebih Murah dari Premium, Kok Bisa?

SPBU Vivo Setop Operasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rianto

VIVA – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) VIVO resmi beroperasi di Jakarta saat ini. SPBU dengan warna biru putih ini menjual tiga jenis BBM dengan jenis research octane number atau (RON) 89, 90 dan 92 dengan nama Revvo.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Untuk dua jenis BBM yakni Revvo 90 dan 92, VIVO mematok harga yang tak jauh berbeda dengan Pertamina yakni Rp Rp7.500 untuk Revvo 90 dan Rp8.250 untuk Revvo 92.

Namun, untuk harga Revvo 89 yang RON-nya lebih tinggi dari Premium Pertamina yaitu RON 88, VIVO mematok harga lebih murah dari yaitu Rp6.100.

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Kenpa bisa lebih murah?

Corporate Communication Vivo Energy Indonesia, Maldi Al Jufrie mengaku tidak bisa menjelaskan mengapa secara singkat. Sebab, ada penjelasannya harus dijabarkan secara detail, apalagi pihaknya tidak mengetahui berapa biaya produksi Premium. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

"Jawabannya susah. Saya tidak tahu produksi Premium," katanya.

Ia pun mengungkapkan pasokan BBM yang diterima VIVO adalah hasil impor dari induk perusahaan dan dari beberapa negara.

"Kami ada impor, dari induk ada. Pokoknya impor yang menghasilkan kami beli," kata Maldi.

Ia menambahkan, untuk Revvo 89, VIVO melakukan peningkatan kualitas produk di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sedangkan, BBM dengan kadar oktan yang lebih tinggi diimpor langsung. 

"Sekarang di storage, nantinya bisa kirim langsung. Storage-nya di Priok," kata Maldi.

Maldi mengaku dia tidak mengetahui dengan persis dari negara mana saja perusahaan mengimpor BBM. Ia mengungkapkan sebagian BBM yang dijual juga berasal dari Indonesia.

"Kan ini induk kami trading kalau dari mana-mana trading berputar dari situ. Bahkan induknya beli kok dari Indonesia," ujar Maldi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya