Biaya Bangun Rumah Bengkak, Ini Biang Keladinya

Ilustrasi pembangunan rumah.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Membangun sebuah rumah adalah proses yang panjang mulai dari analisis keuangan dinamis hingga perubahan mendadak ketika proses terjadi. Hal ini menimbulkan biaya yang tidak tentu dan sering berubah-ubah seiring dengan berjalannya sebuah proses. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Kesalahan ini bisa membuat Anda mengalami kerugian yang lebih besar, oleh karena itu patut diketahui terlebih dahulu seperti apa kesalahan tersebut dan terjadi dan cara untuk menyikapinya.

Beberapa faktor kesalahan biasanya terjadi saat hendak membangun sebuah rumah. Diantaranya pasti pernah dirasakan sendiri, di sini kami mencoba untuk memberikan info mengenai kesalahan-kesalahan tersebut agar kelak Anda dapat menjauhinya. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Kesalahan biasanya terjadi tanpa sepengetahuan kita sendiri. Alasan mendasar adalah kurangnya informasi mengenai proses pembangunan rumah dan lepasnya kendali saat membangun sebuah rumah. 

Tentu saja jika mengetahuinya terlebih dahulu, Anda dapat menjauhi kesalahan-kesalahan tersebut. Berikut adalah empat kesalahan yang diulas Cermati.com menyebabkan membengkaknya biaya saat membangun rumah.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Pengaruh cuaca

Cuaca menjadi salah satu alasan mengapa pembangunan sebuah rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Contohnya saat musim hujan, akan lebih sulit lagi dalam proses pembangun rumah karena membutuhkan semen kering di saat hujan terus melanda. 

Waktu pun akan lebih banyak terpangkas dan tidak sesuai seperti apa yang telah kita kira. Sikapi faktor ini dengan mengetahui terlebih dahulu kondisi cuaca dan musim yang ada. Jika Anda mempunyai niat untuk membangun sebuah rumah, ada baiknya perkirakan total biaya dan lamanya waktu. Ini karena cuaca dapat memengaruhi itu dan dapat mengubah perhitungan yang sudah ditentukan sejak awal.

2. Salah perhitungan

Kemungkinan ini bisa terjadi karena Anda sendirilah yang kurang teliti dalam menganalisis pengeluaran yang diperlukan. Kesalahan perhitungan bersifat tak disengaja dan itu didasari dari pengetahuan Anda sendiri bukan orang lain. 

Kesalahan perhitungan seperti ini kerap terjadi di beberapa kalangan bukan hanya salah memperkirakan, hal ini juga bisa disebabkan karena kenaikan harga sejumlah barang. Kemungkinan kenaikan harga barang bisa menjadi faktor penyebab terjadi kesalahan dalam perhitungan, hal lain yang menyebabkan kesalahan perhitungan ini adalah Anda sendiri yang kurang teliti dalam menganalisis pengeluaran.

3. Kurang memerhatikan hal kecil

Hal kecil bisa menjadi besar ketika kita tidak memerhatikannya dengan benar. Hal ini berlaku pada pembangunan rumah, masalah kecil biasanya kita lewatkan begitu saja dan kurang diperhatikan. 

Untuk menyikapinya, sebaiknya Anda harus lebih teliti lagi dan melihat celah lain. Biasanya ketika memiliki niatan membangun sebuah rumah, Anda akan langsung memiliki sebuah gambaran besar. 

Hal ini akan menimbulkan kesalahan yang tidak diperhatikan, hal-hal kecil tersebut bisa saja terlupa. Jika Anda melakukan kesalahan seperti ini yang akan terjadi adalah selanjutnya Anda akan kesulitan untuk menghadapi hal kecil tersebut. Dan hal kecil yang dianggap sepele tersebut akan menjadi sandungan bagi diri sendiri.

4. Tukang yang tidak sesuai

Hal ini terjadi karena kesalahan Anda dalam memilih tukang. Ya, dalam beberapa kasus kesalahan pemilihan atau pembagian tugas tukang menjadi faktor mengapa biaya membangun rumah menjadi besar. 

Biasanya Anda melakukan kesalahan yang menyebabkan pekerjaan tidak efektif dan efisien. Hal itu disebabkan oleh pembagian jatah dan tugas. 

Untuk menyikapinya, sebaiknya Anda mengambil tugas borongan atau langsung sekaligus. Dengan begini biaya dan waktu yang akan dilalui akan lebih efektif dan efisien. Perhitungan yang dilakukan pun akan tepat pada sasaran. Perhitungkan baik-baik anggaran dan pastikan semuanya berjalan lancar

Kesalahan memang terjadi bukan berdasarkan kemauan kita sendiri tapi karena hal-hal yang tidak disengaja. Biasanya itu terjadi karena kurangnya info atau pengetahuan yang mendasari seseorang melakukan kesalahan. 

Kesalahan kecil saja bisa mengakibatkan biaya yang telah Anda perhitungan terlewat dan tidak cocok. Akurasi ketepatan perhitungan tersebut menjadi jauh dari sasaran, hindarilah empat hal yang telah dijelaskan di atas demi terwujudnya keinginan. 

Beberapa kesalahan terjadi karena hal-hal sepele yang mungkin kita tidak memerhatikannya. Jadi, tetaplah perhatikan sekeliling untuk memastikan semua berjalan dengan baik.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya