Tak Semua Peran Toko Ritel Bisa Digantikan Bisnis Online

Ada produk-produk yang biasa dibeli konsumen di toko ritel untuk kebutuhan sehari-hari.
Sumber :
  • Reuters/Shailesh Andrade

VIVA – Perlahan namun pasti, toko-toko konvensional mulai ditinggalkan oleh konsumen. Hal ini lantaran pembeli semakin dimudahkan dengan cara berbelanja menggunakan sistem digital.

Chatib Basri Beberkan Sektor yang Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Meski popularitas toko konvensional atau sering dikatakan sebagai toko offline menurun, menurut Tutum Rahanta, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), jika melihat konsumen di Indonesia, maka tidak semua barang bisa dijual lewat jaringan online.

"Tidak semua produk bisa dijual online. Jadi jangan dibuat seakan-akan toko online membunuh kami (toko retail offline) secara masif," kata Tutum di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 27 Oktober 2017.

Tips Bisnis Sukses di Masa Pandemi, Optimalkan Penjualan Online

Produk-produk kebutuhan harian rumah tangga misalnya, dikatakan Tutum, belum tentu bisa dengan nyaman dibeli lewat layanan digital. “Ada produk-produk yang biasa dibeli masyarakat di mini market untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mi instan, kecap, dan lain sebagainya. Kalau belanja itu dengan online keburu kelaparan. Ini realitas, jadi kami memang baca perilaku konsumen juga," kata dia.

Selain itu, kata Tutum, toko konvensional juga tetap dibutuhkan walaupun cara memesan atau membelinya mengandalkan gawai dengan jaringan internet.

Syarat Bisnis Online Bisa Mendunia, Jangan Cuma Ngandelin SEO

"Produk food and beverage (F and B), walaupun pesannya lewat sistem Go apa itu, tetap belanjanya di toko kami. Enggak mungkin, konsumen pesan makanan, lalu tukang ojek online masak di rumah, baru diantarkan, belinya tetap di kami, dan omset atau untungnya, ya tetap masuk ke toko offline kayak kami," kata Tutum. (ren)

Ilustrasi transaksi digital.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Transformasi digital diperlukan untuk efisiensi dan efektivitas.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2020