Generasi Milenial Dibidik Jadi Motor Pengentasan Kemiskinan

Potret kemiskinan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Kemiskinan masih menjadi permasalahan penting dan mendesak di Indonesia untuk segera diselesaikan. Namun disadari, upaya pengentasan kemiskinan tidak bisa efektif apabila hanya dilakukan oleh pemerintah. 

Indef Kritik Kebijakan Bansos: Anggaran Naik Terus, Kemiskinan Cuma Turun 2,3 Persen Sejak 2010

Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropi milik swasta berkomitmen untuk membantu pemerintah untuk menyelesaikan masalah itu. Strategi yang dilakukan adalah melalui jalur pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Media Relation Tanoto Foundation, Tonny mengatakan, komitmen lembaga ini selaras dengan tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Diantaranya pemberantasan kemiskinan, kehidupan sehat, pendidikan yang berkualitas serta tersedianya air bersih dan sanitasi.

Jumlah Penduduk Miskin Belum Kembali ke Level Pra-Pandemi, Pengamat: PR Besar Pemerintah

“Pendidikan adalah kunci menghasilkan pemimpin masa depan. Pendidikan yang baik juga akan menghasilkan pemimpin yang baik," ujar Tonny dikutip dari keterangan resminya, Rabu 1 November 2017.  

Tonny menambahkan, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pemimpin masa depan, Tanoto Foundation memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala ekonomi. Generasi yang dibidik khususnya kaum milenial, sehingga diharapkan dapat mendorong perekonomian RI di masa depan. 

Pilpres 2024, Prabowo dan Anies Dianggap belum Selevel dengan Ganjar

"(Kami) ambil bagian dalam mengembangkan pemimpin milenial masa depan menjadi upaya holistik yang relevan dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," tambahnya.

Program beasiswa untuk jenjang S1 dan S2 ini bermitra dengan 35 peguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Menurut Tonny, saat ini lebih dari 3.200 mahasiswa telah mendapat dukungan beasiswa Tanoto Foundation. Dan untuk penerimaan tahun 2017, beasiswa telah diberikan kepada 315 mahasiswa.

“Para penerima beasiswa Tanoto Foundation, atau dikenal sebagai Tanoto Scholars, tidak hanya mendapat dukungan biaya pendidikan, tetapi juga berbagai pelatihan soft skill untuk meningkatkan kapasitas mereka, misalnya public speaking, presentasi, dan kemampuan dalam memimpin serta kerja sama tim,” katanya.

Tanoto Scholars juga didorong untuk melaksanakan kegiatan sosial dalam wadah Tanoto Scholars Association (TSA) di masing-masing daerah tempat mereka belajar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sikap peduli sosial yang menjadi salah satu syarat menjadi pemimpin yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya